Yang Tidak Kelihatan

No: GMIKA/BS/130919/21.00wib/GS/TahuIsi
Judul:  Yang Tidak Kelihatan


Ibrani 1:14  Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani (malaikat), yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan? Orang yang memperoleh keselamatan, malaikat tidak berhenti disitu saja. Malaikat jugalah yg akan akan mendampingi orang itu agar menuju keselamatan yang sempurna. Disini kita mengerti, bahwa keselamatan bukan sebuah titik berdiri seseorang yg berpindah,dari tak percaya menjadi percaya Yesus Kristus, tetapi penyelesaian sebuah rencana setelah diselamatkan. Keselamatan bukan sekedar pindah dari gelap keterang, tetapi juga disempurnakan dengan apa seseorang membangun hidupnya. Untuk mencapai semuanya ini kita memerlukan pelayanan malaikat. 

Kolose 1:16  "karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. "yang tidak kelihatan" bicara tentang alam roh yaitu alamnya para malaikat. Roh itu adalah entitas yang memiliki pikiran, kehendak dam emosi tetapi tidak memiliki tubuh. Allah kita adalah ROH (Yohanes 4:24  Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.")

1 Korintus 2:11  "Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah." 

Ada 3 keberadaan Roh yaitu Allah, malaikat (bentuk tunggalnya ; malak, angelos, angel) itu dan manusia. 
Perbedaan dari ketiganya adalah
1# Allah adalah Roh yang Kudus dan Pencipta.
2# Malaikat adalah roh yang melayani dan ciptaan, tubuh malaikat itu adalah roh itu sendiri itulah yang disebut astral.   
3# Manusia adalah ciptaan dan memiliki tubuh sebagai tempat roh itu tinggal.

Satu-satunya dari 3 keberadaan roh ini hanya Allah yang tidak pernah terlihat karena tidak ada seorangpun yang melihat Allah. Lukas 24:37-39 "Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu (niv: a ghost) . Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu? Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku." 
Lukas 20:34-36 "Jawab Yesus kepada mereka: "Orang-orang dunia ini kawin dan dikawinkan* , tetapi mereka yang dianggap layak untuk mendapat bagian dalam dunia yang lain itu dan dalam kebangkitan dari antara orang mati, tidak kawin dan tidak dikawinkan. Sebab mereka tidak dapat mati lagi; mereka sama seperti malaikat-malaikat dan mereka adalah anak-anak Allah, karena mereka telah dibangkitkan. Saat sepasang suami istri nanti jika dibangkitkan, mereka tidak lagi seperti suami istri. Mereka sama seperti malikat yaitu tidak kawin dan dikawinkan. Mereka adalah anak-anak Allah, karena mereka telah dibangkitkan. Malaikat diciptakan sebelum penciptaaan segala sesuatu.

Ayub 38:2-7 "..... Di manakah engkau, ketika Aku meletakkan dasar bumi? Ceritakanlah, kalau engkau mempunyai pengertian! Siapakah yang telah menetapkan ukurannya? Bukankah engkau mengetahuinya?.....  dan siapakah yang memasang batu penjurunya pada waktu bintang-bintang fajar bersorak-sorak bersama-sama, dan semua anak Allah bersorak-sorai? (niv: while the morning stars sang together and all the angels shouted for joy) Malaikat sudah diciptakan sebelum waktu langit bumi di ciptakan dan jumlahnya tidak terbatas

Ibrani 1:7  "Dan tentang malaikat-malaikat Ia berkata: "Yang membuat malaikat-malaikat-Nya menjadi badai dan pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api." (niv: "In speaking of the angels he says, “He makes his angels spirits, and his servants flames of fire.” Daniel 7:8-10 “...... dan pada tanduk itu tampak ada mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong.  *Sementara aku terus melihat, takhta-takhta diletakkan, lalu duduklah Yang Lanjut Usianya; (Lambang Kekekalan Kristus)* pakaian-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba; kursi-Nya dari nyala api dengan roda-rodanya *dari api yang berkobar-kobar; suatu sungai api timbul dan mengalir* dari hadapan-Nya; seribu kali beribu-ribu melayani Dia, dan selaksa kali berlaksa-laksa berdiri di hadapan-Nya. Lalu duduklah Majelis Pengadilan dan dibukalah Kitab-kitab." Jadi Lambang Kekekalan Kristus dikawal oleh para malaikat. 

Ibrani 12:29  "Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan."  Yang menghanguskan adalah malaikat. Api malaikat bersifat kekal. Matius 25:41  "Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal (malaikat) yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya." Malaikat ada untuk menolong kita. Roh manusia lebih kuat dari roh malaikat karena roh manusia bukan hanya hadir tinggal dalam tubuj hidup ini tetapi mengalirkan HidupNya Allah. Sedangkan roh malaikat dipanggil untuk melayani saja....



Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya