KemuliaanNya Yang Berdiam Dalam Orang Percaya

No: GMIKA/BS/300819/21.00wib/GS/MieGoreng
Judul: kemuliaanNya yang berdiam dalam orang percaya


Kisah Para Rasul 4:12  "Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang. diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." Keselamatan itu tidak ada pada siapapun selain Yesus. Tahap pertama Keselamatan yaitu menerima Yesus lewat tubuh fisikNya yg menderita dan mati dan dibangkitkan , dalam sakramental Roti dan Anggur,  dan lewat Kuasa mistikalNya. Keselamatan itu bukan Kata sifat, tetapi kata benda. Tubuh fisik Yesus adalah Kata Benda, itu harus kita terima lalu berubah menjadi kata sifat dan hasilnya keselamatan kita. Keselamatan juga menjadi kata kerja yaitu ketika menjadi Buah Roh; Kasih,sukacita dst Gal 5: 19-22. Yesus yang adalah keselamatan artinya Ia menawarkan DiriNya kpd manusia yg sdh terhilang "terimalah Aku". 


Hari ini banyak orang kristen yang takut akan penderitaan sehingga saat kita mengalami penderitaan bereaksi.    Sprti langsung seketika kita tengking dan tolak Jangan takut akan penderitaan Yesus, saat kita mengalami penderitaan maka kita pun akan menerima KuasaNya. Baca Filipi 3:10  "Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya," Puncak penderitaan Yesus dalam kematianNya harus ada dalam pikiran kita. Artinya kita harus tunduk pada apa yang Allah beri juga manusia harus mengerti bahwa tubuhnya lemah. Sehingga sangat mungkin menderita. Orang Kristen yang tidak memiliki pikiran tentang penderitaan Yesus harus di pertanyakan.  Itulah org percaya hrus bertanya dengan apa ia membangun keselamatannya? Apakah dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami? 

1 Korintus 3:12 "Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami," Kayu, rumput kering atau jerami *saat bertemu api kemuliaan Allah (Yesus) akan terbakar, itu bukan berarti api itu murkaNya. Sebaliknya emas perak dan permata bertemu api semakin dimurnikan. Tubuh fisik Yesus itu adalah tubuh yang melawan kedagingan dan hawa nafsu. Tapi yg penuh penderitaan melawan Kuasa Dunia. Galatia 1:8 "Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia." Artinya adalah ancaman tentang penyesatan Firman sudah ada saat Yesus turun ke bumi.

Yudas 1:3 "Saudara-saudaraku yang kekasih, sementara aku bersungguh-sungguh berusaha menulis kepada kamu tentang keselamatan kita bersama, aku merasa terdorong untuk menulis ini kepada kamu dan menasihati kamu, supaya kamu tetap berjuang untuk mempertahankan iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus." Iman bukan tafsiran, tetapi sesuatu yang utuh tidak boleh di pecah.* Iman yang akan menuntun kita untuk sekali bagi sekalian. (terjemahan lama: "....kamu bersungguh-sungguh berebutkan iman yang sudah sekali bagi sekalian dikaruniakan kepada segala orang suci..

Perjanjian Baru secara garis besar hanya bicara 2 dogma saja yaitu:
1# Tritunggal Maha Kudus
2# Inkarnasi Allah (Yesus  adalah Firman menjadi daging)

Hanya ada 2 dogma itu. Diluar itu bukan dogma hanya penjabaran dan pengajaran dan tidak boleh diusahakan dibuat dogma. 2 Tesalonika 2:1-2 "Tentang kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus dan terhimpunnya kita dengan Dia kami minta kepadamu, saudara-saudara, supaya kamu *jangan lekas bingung dan gelisah*, baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat yang dikatakan dari kami, seolah-olah hari Tuhan telah tiba." Tugas orang kristen bersekutu dan bertekun saja, jangan kelewatan lalu bingung dan gelisah (tentang ajaran dan berita apapun) sehingga tidak ada pekerjaan iman yang kita kerjakan. Yohanes 17:5 "Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada." Waktu manusia belum diciptakan, Yesus wujudnya Firman dan bersama-sama dengan Allah dan berarti Yesus adalah kemuliaan Allah. Kebenaran dan kesucian Allah adalah Kemuliaan. Saat kita membaca Alkitab disitulah kita bergaul dengan kemuliaan. Ini adalah bentuk Keselamatan juga, yaitu pemulihan hidup kita seperti dulu. Perhatikan Roma 3:23  "Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, Keselamatan berarti dipulihkannya Kemuliaan Allah yg hilang itu. Kemuliaan Allah adalah Yesus."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya