Ciptaan Allah Yang Tak Terlihat

No: GMIKA/BS/200919/21.00wib/GS/MieGoreng
Judul : "Ciptaan Allah Yang Tak Terlihat"

Ciptaan Allah yang tidak kelihatan itu ada dan kita harus bisa menyikapinya. Malaikat Tuhan tidak pernah tua, tidak kawin dan mengkawinkan.  Roh Manusia kita ternyata lebih kuat dari malaikat, karena roh manusia tugasnya ada 2:

1. Untuk membuat tubuh kita hidup di atas bumi.
2. Untuk membawa hidupNya Allah dalam diri kita.
Dalam diri kita ada satu malaikat yang menjaga dan mendoakan kita sejak kita kecil.


HidupNya Allah harus maksimal dalam diri kita. HidupNya Allah adalah membawa manusia menjadi serupa dengan AnakNya. Roma 8:28-30 "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung (niv: firstborn) di antara banyak saudara....." The firstborn yaitu kita menerima hak kesulungan Allah utk Yesus.  Hidupnya Allah adalah rencana awal sejak semula. Rencana Allah itu baik. Tujuan akhir rencana Allah agar kita bersama-sama di permuliakan oleh Allah. Kenapa hidup kita tidak berubah karena hidup kita tidak pernah bertemu dengan hidupNya Allah. Dan karena roh kita belum born again (lahir baru dan firstborn di hatiNya). Roma 8:31  Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita? Karena kita mengalami the firstborn, dan kita mengalami hidupNya Allah.

Ciri-ciri orang yang the firstborn yaitu memiliki sifat mengalah dengan yang lain.

Allah membela kita saat ada hidupNya Allah dalam kita. Saat kita menjadi firstbornnya (yg pertama di hatiNya)  Allah, Allah akan menjamin hidup kita melalui malaikat. Roma 8:37-39 "Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita. Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita." Kenapa kuasa Allah tidak bisa dipisahkan dari kita? Karena kita sangat dikasihiNya. 

2 Korintus 4:10  "Kami senantiasa membawa kematian Yesus di dalam tubuh kami, supaya kehidupan Yesus juga menjadi nyata di dalam tubuh kami." Agar kehidupan Yesus nyata kita harus mengalami kematian yaitu berjuang dalam iman. 2 Korintus 4:16 "Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari." Sekalipun manusia lebih kuat dari malaikat, manusia pernah lebih rendah di hadapan malaikat. Yaitu saat manusia berdosa, manusia mengalami kemerosatan. 

Ibrani 2:6-7 "Ada orang yang pernah memberi kesaksian di dalam suatu nas, katanya: "Apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya, atau anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?  Namun Engkau telah membuatnya untuk waktu yang singkat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat,"

1 Korintus 6:3  "Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat? Jadi apalagi perkara-perkara biasa dalam hidup kita sehari-hari." Kitalah yang akan menghakimi malaikat. Ini adalah kuasaNya. Kenapa kita menghakimi malaikat?  Karena kita tebusan AnakNya dan malaikat tidak mengalami penebusan. Selain itu ada yang kita tahu tetapi malaikat tidak tahu. 

1 Petrus 1:10-12 Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu. Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya memberi kesaksian tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu. Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat.


...



Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya