KEBENARAN Mutlak

No: GMIKA/BS/050719/21.00wib/GS/ Risoles
Judul:  KEBENARAN Mutlak

Allah adalah Mutlak, semua diluar Allah bersifat relatif termasuk kita manusia. Relatif itu maksudnya bisa berubah-berubah dan kita manusia adalah relatif. Saat kita menerima Allah yang Mutlak dalam diri kita perubahan pasti terjadi dalam hidup,maka (relatifitas) kita mulai menjadi pasti. Kebenaran bukan relatif. Keselamatan bukan relatif. Kalau kita menerima Allah yang mutlak, didalam Tuhan Yesus Kristus minimal kita yang relatif menjadi pasti. Tetapi kepastian ini jangan disalahartikan lagi. Seperti tentang kepastian saat  menjadi kristen maka akan kaya raya, enteng jodoh dan sebagainya...semua kepentingan ini telah diselewengkan.


Kemutlakan Allah dalam diri kita adalah bukti Allah mengasihi kita. Ayub salah satu orang yang melihat kemutlakan Allah. Ayub 2:9-10 "Maka berkatalah isterinya kepadanya: "Masih bertekunkah engkau dalam kesalehanmu? Kutukilah Allahmu dan matilah!" Tetapi jawab Ayub kepadanya: "Engkau berbicara seperti perempuan gila! Apakah kita mau menerima yang baik dari Allah, tetapi tidak mau menerima yang buruk?" Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dengan bibirnya. Ayub melihat bahwa ...."Apakah kita mau menerima yang baik dari Allah, tetapi tidak mau menerima yang buruk?"..."

Yesus mati bukan untuk menghilangkan kesialan kita, tidak ada kepentingan manusia dalam semula penyaliban Yesus. Tetapi kematianNya telah membuktikan mutlak Iblis bersalah. Kepastian mutlak Allah dinyatakan oleh AnakNya. Matius 16:21 "Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga." Rangkaian penyiksaan, penyaliban,  kematian sampai kebangkitan sudah dibicarakan. Jadi proses penyaliban itu sudah dalam kerangka Allah. Jadi Allah tidak pernah punya hutang pada kita. Saat kesusahan hidup datang, jangan membuat kita sangsi akan Kasih Allah. 

Kapan Allah datang buat kita? Ibrani 2:14-15 "Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging (kita manusia), maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut; *dan supaya dengan jalan demikian* Ia membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut." Yesus bisa di salib karena menyerahkan diri, sebab itu Ia mengambil rupa manusia agar bisa mengalami kematian ....maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka..."

Semua manusia adalah relatif , yang Mutlak hanya Allah. Ada beberapa pembuktiannya yaitu:

1# Membuktikan bahwa Yesus tidak disalib lebih susah dibandingkan bahwa Yesus di salib.
Matius 16:21 "Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga."

2# Yesus mengalahkan kematian. 
Yesus hanya mati satu kali bangkit dan tidak mati lagi. Roma 6:9-10 "Karena kita tahu, bahwa Kristus, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, tidak mati lagi: maut tidak berkuasa lagi atas Dia. Sebab kematian-Nya adalah kematian terhadap dosa, satu kali dan untuk selama-lamanya, dan kehidupan-Nya adalah kehidupan bagi Allah. Kematian Yesus hanya satu kali, dan bangkit itulah bukti bahwa Allah adalah kekal. Yesus yang tidak dapat dikalahkan maut menunjukan bahwa Ia adalah Allah. Yohanes 17:10 " dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka." Allah dan Anak tidak berbagi kekuasaan. Yesus kuasanya tidak lebih besar atau kecil daripada Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus kekuasaannya sama. 

3# Yesus adalah Tuhan bagi Kemuliaan Allah Bapa.
Filipi 2:9-11 "Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia (AnakNya) dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, (Allah menjadikan Yesus sebagai penguasa) dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa! (Ini adalah dua hal berbeda)" Matius 6:9  "Karena itu berdoalah demikian: *Bapa kami* yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu," Kami adalah Yesus dan murid-murid juga mereka yang dihasilkan dari kemuridan. Ibrani 1:5  "Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?" dan "Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku? (niv: For to which of the angels did God ever say, “You are my Son; today I have become your Father” Or again, “I will be his Father, and he will be my Son”? "

4# Yesus berhak menerima semuanya nyawa manusia. 
Ibrani 1:2  "maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta. Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan.....sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka" Ibrani 1:6  Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia." Saat Yesus datang kedunia ini, Yesus menerima penyembahan dari malaikat-malaikat Allah. 

5# Injil diberitakan oleh saksi-saksiNya.
Kisah Para Rasul 2:32  "Yesus inilah yang dibangkitkan Allah, dan tentang hal itu kami semua adalah saksi" (para murid). Kisah Para Rasul 3:15  "Demikianlah Ia, Pemimpin kepada hidup, telah kamu bunuh, tetapi Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati; dan tentang hal itu kami adalah saksi."

Lukas 1:1-4 "Teofilus yang mulia, Banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di antara kita, seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman. Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu, supaya engkau dapat mengetahui, bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar (niv:so that you may know the certainty of the things you have been taught)" Lukas bukan murid, dia adalah tabib, tetapi begitu tertarik karena banyak saksi. certainty ; pasti (dalam bahasa asli yaitu mutlak) sama dengan absolute.

Yohanes 14:9-10 "Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya." Allah,  Anak dan Roh Kudus tidak bisa dipisahkan, tetapi bisa di bedakan. 

Yohanes 8:42  "Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku."

6# Yesus Turun Dari Sorga.
Efesus 4:8  Itulah sebabnya kata nas: "Tatkala Ia (Yesus) naik ke tempat tinggi, Ia membawa tawanan-tawanan; Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia." Tawanan-tawanan yaitu seperti dalam 1 Petrus 4:6 "Itulah sebabnya maka Injil telah diberitakan juga kepada orang-orang mati, supaya mereka, sama seperti semua manusia, dihakimi secara badani; tetapi oleh roh dapat hidup menurut kehendak Allah."

- oOo -


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Menghargai Hidup