Mengenal Kebenaran

No: GMIKA/BS/140619/21.00wib/ GS/ Batagor
Judul:  "Mengenal Kebenaran"

Yakub berjuang begitu panjang hampir 77 tahun utk  bertemu dan mengenal dengan Kebenaran yaitu Allah Israel. Memang ia hanya mendengar ttg Allah-nya Abraham sejak ia muda. Di usia lebih  70tahun, akhirnya Yakub bertemu dengan Kebenaran Pribadi Allah saat bergumul dengan Malaikat Tuhan di sungai Yabok. Jangan lah kita meletakan sebuah dasar kebenaran hanya dari apa kata orang, padahal kita belum mengenalNya. Allah tidak pernah memaksa kita untuk bertemu denganNya. Allah tidak pernah memakai orang yang tidak pernah mengenalNya. Sbgmna Yakub sebelum Peristiwa bergumul dgn Malaikat Allah. Apakah kebenaran itu? Kalau kita berbicara tentang kebenaran, kita harus bicara tentang Allah. Allah kita adalah awal dan akhir. Adakah kebenaran di bumi ini? Tidak! Semenjak manusia jatuh dalam dosa, tidak ada kebenaran di bumi ini. Jadi apakah kebenaran itu? Kebenaran itu harus datang karena:

1# Allah yang menyatakan Diri 
Tidak ada Allah, tidak ada kebenaran. 
Selama Allah tidak menyatakan diriNya, tidak ada kebenaran disana.

2# Kebenaran itu harus dimulai masuk dan ada dari histori (sejarah). 
Artinya kebenaran itu teruji ada.

3# Kebenaran harus ada saksinya

4# Kebenaran harus tercatat atau dicatat (ada buku atau tulisan)

Hasil gambar untuk truth

Bagaimana kita mendekati kebenaran? Dekatilah hal-hal di atas. Jangan pernah berkata, kita tidak berharga. Sesuatu yang bagi dunia mungkin  "salah",dan tak biasa  tapi bisa jadi itulah kebenaran juga bagi kita.....Allah begitu senang orang yang setia keoadaNya. Daud pada zamannya dipakai  Allah. Kisah Para Rasul 13:36  "Sebab Daud melakukan  kehendak Allah pada zamannya, lalu ia mangkat dan dibaringkan di samping nenek moyangnya, dan ia memang diserahkan kepada kebinasaan." Kehendak Allah ada bagi setiap kita, karena itu berbahagialah karena kita ditawarkan melakukan  kehendakNya, maka kita akan hidup. Kebenaran Alkitab ada dalam dunia hari ini. Contoh kota sprti  Efesus, Roma,  Mesir hari ini sama dengan Mesir di zaman Musa, bagaimana kita tidak percaya bahwa Yesus ada dan pernah hidup di bumi ini.Keberadaan Yesus tercatat dalam sejarah, ada saksinya. Kebenaran itu bisa diverifikasi. Kekristenan ini bisa diverifikasi kebenarannya. Daud adalah contoh orang yang setia pada zamannya. Ada beberapa hal yang menjadi karyanya sbg karya  nubuatan bagi Perjanjian Baru kita hari ini,
Daud membangun :

1. Suatu Keimamatan yang baru,  itulah penggenapan gereja saat ini. Ini termasuk sebuah nubuatan. 
Ada 3 tanda, tentang keimamatan lama yang dicatat dalam Bilangan 16:5  ;
a) dan ia berkata kepada Korah dan segenap kumpulannya: "Besok pagi TUHAN akan memberitahukan, siapa kepunyaan-Nya, 
b) dan siapa yang kudus, dan Ia akan memperbolehkan orang itu mendekat kepada-Nya;
c) orang yang akan dipilih-Nya akan diperbolehkan-Nya mendekat kepada-Nya.
Semuanya bagi Israel yg menyembah Allah Yehova. Sedangkan Keimamatan baru ada di ayat 1 Petrus 2:9 "Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib."

2. Memperkenalkan penyembahan dengan hati yang mengenal.
Daud memperkenalkan bagaimana menyembah dengan konsep keselamatan, yaitu bagaimana orang hidup suci hari ini karena penebusan Roh dengan membungkam daging dan bebas dari usaha diri sendiri. Mazmur 132:16 "imam-imamnya akan Kukenakan pakaian keselamatan, dan orang-orangnya yang saleh akan bersorak-sorai dengan girang." Mazmur 24:3-4 "Siapakah yang boleh naik ke atas gunung TUHAN? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus? *Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu." Yakobus 4:8  "Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati!"

Inilah Karya Daud menubuatkan Perjanjian Baru yg dilahirkan dari Penebusan Keselamatan Kristus.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya