Keselamatan dan Perjanjian

No: GMIKA/BS/210619/21.00wib/GS/
Judul: " Keselamatan dan Perjanjian"

Hasil gambar untuk juru selamat

Roma 8:1-2 
"Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut." Allah mengasihi kita melalui RohNya, bagaimana kita tahu Allah mengasihi kita? 

Roma 5:5  
"..... karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita." Tanpa ada Roh Kudus, Allah tidak bisa mengasihi kita. Bagaimana kita bisa mengasihi tanpa ada Kasih itu sendiri. Bagaimana Bapa mengasihi AnakNya dan Anak mengasihi Bapa melalui pribadi ketiga yaitu Roh Kudus. Syarat kita dapat mengasihi melalui Firman. Jadi Allah kita adalah Allah yang bergerak yaitu yang tidak pernah mempunyai rencana berhenti mengasihi. Allah membuat PL dan PB karena salah satu nya di antara mereka tdk bisa di percaya. Inilah kita manusia berdosa. Setiap kita diikat perjanjian dengan Tuhan, karena manusia sifatnya tidak setia dan tak dpt dipercaya. 

Yeremia 31:31  
"Sesungguhnya, akan datang waktunya, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan kaum Yehuda,  "Saat manusia tidak setia, Allah tetap setia. Kita melakukan Perjamuan Kudus, agar kita ingat bahwa ada perjanjian kita dengan Allah. Setiap kita pasti pernah gagal, jangan saat gagal kita malah meninggalkan Tuhan. Datanglah kepada Tuhan untuk memperbaharui perjanjian. Yesus adalah jalan keluar yang besar. Saat Daud berdosa, Daud tetap lah dikasihi, tetapi tetap hukuman Allah turun pada Daud. Tetapi Daud berkata lebih baik jatuh ke tangan Allah. Saat kita kedapatan berdosa, jangan pergi meninggalkan gereja. Berdiamlah dgn teguh dalam Komunitas Kudus. Jangan hidup kita hanya mencari penderitaan. Persoalan terbesar manusia ialah terpisah dari Allah, sehingga tidak bisa melihat kemuliaan Allah dan tak pernah bisa bertemu Allah selamanya Kini. Apa itu keselamatan? Ketika persoalan terbesar manusia perlukan diselamatkan oleh Allah. Keselamatan membuat kita menjadi satu kembali dengan Allah. Keselamatan bukan percaya Yesus lalu masuk sorga, itu adalah akibat dan kita berpikir seperti itu karena ada kepentingan kita. Keselamatan adalah anugerah (kasih karunia) 

Keselamatan dari Allah  itu adalah bicara tentang: 
1# Inkarnasi / kelahiran 
2# Penyaliban / kematian
3# Penguburan 
4# Kebangkitan

Ibrani 2:14-15
Karena anak-anak itu (manusia) adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut; dan supaya dengan jalan demikian Ia membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut (niv: and free those who all their lives were held in slavery by their fear of death)". Ketidaktaan manusia maka kejatuhannya universal. Maka dibutuhkan penebusan yang universal dan tidak ada seorangpun yang mampu melakukannya selain Yesus. Kegagalan manusia universal yaitu seluruh manusia tidak mengalami kekekalan selamanya, karena telah jatuh dalam dosa. 

Roma 5:12 
"Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa." Yesus datang tujuan pertamanya bukan karena kita, tetapi karena ada persoalan yaitu Nama Allah BapaNya  yang harusnya diMuliakan telah dilawan oleh ciptaan yaitu Malaikat Utama Nya / Satan dan diusir jatuh ke Bumi. Keselamatan itu datang dari Tuhan, karena itu gratis. Sebab Keselamatan bukan kita yang mengerjakannya. 

Efesus 1:13  
"Di dalam Dia kamu juga — karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu — di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya (niv: And you also were included in Christ when you heard the message of truth, the gospel of your salvation. When you believed, you were marked in him with a seal, the promised Holy Spirit, who is a deposit guaranteeing our inheritance until the redemption of those who are God’s possession — to the praise of his glory.)" Kita belum sempurna mendapatkan keselamatan secara keseluruhannya,  (walau posisi kita sdh berpindah dari hukuman ke keselamatan) jadi jagalah keselamatan kita. Kita bisa menikmati Roh Kudus karena kita telah dimateraikan. 

Yakobus 2:24  
"Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman." perbuatan-perbuatannya perlu ada karena bentuk bukti kita beriman. 

Efesus 2:8-10 
"Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. Karena kita ini buatan Allah (kita dibuat dan dilahirkan Roh dalam keselamatan), diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, (perbuatan setelah diselamatkan) yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.


GBU


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya