Efek Kejatuhan Manusia Terhadap Alam Ciptaan

No: GMIKA/BS/240519/21.00wib/GS/BihunGoreng
Judul: Efek Kejatuhan Manusia Terhadap Alam Ciptaan

Kejadian 1:26-29 
"Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi. Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi ...." 

Tujuan Allah menciptakan manusia ;
1# Supaya Tritunggal dilibatkan dalam manusia
2# Supaya berkuasa atas ciptaan yang lain "Raja" ( the king of creation) 
3# menjadi representasi Allah yang menciptakan langit dan bumi untuk selamanya. 

Ketika Allah menciptakan manusia, Ia ingin manusia seperti diriNya yaitu hidup selama-lamanya. Dosa tidak termasuk dalam rencana Allah. Ayat 26 dan 28 kata berkuasa menyatakan bahwa seluruh alam semesta ada  dalam kuasa manusia.
Hasil gambar untuk iblis dan hawa



Kejadian 1:30-31 
".... Dan jadilah demikian. Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik (niv: and it was very good) Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam. Langit dan bumi diciptakan Allah untuk manusia, Mazmur 8:4-6 "Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kautempatkan: apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya (niv: mindful of them)? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya? Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah (niv: a little lower than...heavenly being), dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat." 

Kisah Para Rasul 1:4  
"Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang — demikian kata-Nya —"telah kamu dengar dari pada-Ku." Tujuan murid-murid (sebg manusia) makan supaya bisa hidup, sedangkan saat itu Yesus (setelah bangkit)  makan karena ingin bersama murid. Disorga nanti kita akan makan karena didasarkan hubungan dekat antara Bapa dan anak. Kita ke sorga kelak sama seperti Yesus secara tubuh yg dirubah dalam kemuliaa, jadi orang yang meninggal tubuhnya sebaiknya  tidak boleh di bakar..utk menghormati tubuh yg akan diubah. Bumi sebelum berdosa diciptakan Allah untuk AnakNya. Bapa ber-firman mengambil  daging Maria dan Firman Allah menjadi daging yaitu Yesus. Tubuh inilah yg sekarang ada di Sorga. Kini Yang tinggal di bumi adalah Roh Kudus (pribadi ke-3 Tritunggal)Bagaimana cara kita bertemu Bapa ?  Temuilah Roh Kudus dalam pribadi melalui orang percaya dan lewat membaca Alkitab. Saat di Taman Eden  iblis membohongi Hawa, disitulah manusia kehilangan kuasa (Kej1: 26,28).  

Lukas 4:6  
"Kata Iblis kepada-Nya: "Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki." Ayat ini adalah bukti kebohongan Iblis. Segala yang dirampas itu bersalah. Iblis telah merampas yang diberikan Allah kepada manusia secara ilegal. Saat Iblis merampas dari Hawa membawa dampak pada langit dan bumi ciptaan ini. 

Yohanes 8:44  
"Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula (niv:the beginning) dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta."

1 Yohanes 5:19  
"Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat." Roma 8:18-22 "Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita. Sebab dengan sangat rindu seluruh makhluk menantikan saat anak-anak Allah dinyatakan..... Sebab kita tahu, bahwa sampai sekarang segala makhluk sama-sama mengeluh dan sama-sama merasa sakit bersalin." Seluruh zaman dan mahluk dalam keadaan menderita dibawah penaklukan dan dikuasai satu pribadi yaitu Iblis.  Hingga  saat anak-anak Allah dinyatakan, seluruh alam akan bersorak-sorak karena telah ditebus Yesus dan dipulihkan semua alam ciptaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya