Baptisan Yohanes Baptisan Pertobatan

No: GMIKA/BS/290319/21.00wib/GS
Judul:  "Baptisan Yohanes Baptisan Pertobatan"

Matius 3:1-3 
"Pada waktu itu tampillah Yohanes Pembaptis di padang gurun Yudea dan memberitakan: Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat! Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: "Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya." Yohanes adalah orang yang di maksud oleh Yesaya dlm PL. Yohanes meninggalkan kehidupan duniawi untuk mendengar suara Allah (pola hidup asketis). Yohanes meninggalkan segala kehidupan duniawi yang dapat menggangu dia..karena ia akan melaksanakan Kehendak Allah yg besar ttg Juruselamat.

Matius 3:4  
"Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan." Sebuah gaya hidup yg sederhana dan tak bergantung pada sesuatu. Yohanes, Elia adalah pribadi yg hidup asketis...bahkan Yesus selama 40 hari di padang gurun melakukannya. Semua itu supay lebh jelas mendengar suara Allah dan bertemu langsung melawan Iblis (roh roh jahat penguasa dunia). Kenapa Yohanes berteriak dipadang gurun? Karena Yohanes sedang menyatakan diri bahwa ia sedang mempersiapkan diri menyiapkan jalan bagi Tuhan. Dan di padang gurun juga Yohanes melawan iblis juga.

Kenapa di tempat sepi, manusia sering diganggu iblis dgn hal hal kebutuhan dan keinginan. Matius 12:43  "Apabila roh jahat keluar dari manusia, ia pun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian. Tetapi ia tidak mendapatnya." Dunia ini sudah dikuasi oleh roh jahat. Efesus 2:1-2 "Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu. Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka." Orang yang belum percaya Yesus sudah pasti dikuasi oleh penguasa angkasa. Tidak ada yang netral dalam dunia ini, dikuasi Yesus atau dikuasi penguasa angkasa.


Apa yang membuat kita mati? Kita mati karena pelanggaran-pelanggaran dosa kita. Dosa kitalah yanv membuat kita terpisah dari Allah. Kolose 1:13 " Ia (Yesus) telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan (kerajaan angkasa) dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih;"Orang yang percaya Yesus, selain diselamatkan juga telah dipindahkan dari kerajaan angkasa berganti menjadi Kerajaan AnakNya. Sebab itu kita butuh undang-undang Kerajaan Allah. Kita harus berlaku seperti Anak Allah. 

Matius 3:2 
"Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga (Yesus) sudah dekat!"  Yesus datang tanpa tanda-tanda. Lukas 17:20  "Atas pertanyaan orang-orang Farisi, apabila Kerajaan Allah akan datang, Yesus menjawab, kata-Nya: "Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah,".   Lukas 17:21  "juga orang tidak dapat mengatakan: Lihat, ia ada di sini atau ia ada di sana! Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu." Allah memberi satu tanda bahwa Kerajaan Allah sudah datang melalui Matius 12:28  "Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu." Yesus dan murid-murid sudah mengusir roh jahat dan dikalahkan dengan kuasa Roh Allah. Tetapi saat ini iblis juga membuat tanda yang sama. Mirip tetapi beda, iblis tidak mengusir setan dalam nama Yesus. Mereka hanya bertindak seolah-olah iblis keluar dari tubuh orang itu. 

Ibrani 2:14  
"Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut;". Kematian Anak Manusia membuat iblis kalah. Semua yang didalam dunia masuk dalam kuasa Iblis. Peristiwa Firman Allah menjadi daging, mati dan disalibkan dan bangkit adalah hal yang sangat di benci iblis. Iblis hari ini berupaya membuat kekristenan gagal, dengan cara yang tidak disadari. 

Matius 3:4 
"Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan." Jubah bulu unta adalah bahan yang paling jelek. Sbgmna Yohanes ingin mengalami perubahan hidup. Yohanes sadar bahwa ia menjadi jembatan antara PB yg dimulainya Kerajaan Allah dan PL. Kata pertobatan artinya berubah, berbalik (Metanouia). Yang dikehendaki Allah dengan pertobatan kita adalah kita berubah, berbalik dari dunia menjadi seperti Dia. Seperti arti metanoia (meta + nous) meta = melewati.nous = inti roh.  Jadi Melewati dari yang buruk menjadi baik dalam roh kita.

Roma 12:2
"Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna." (NIV : Do not conform to the pattern (skema) of this world, but be transformed by the renewing of your mind. Then you will be able to test and approve what God’s will is — his good, pleasing and perfect will.")

"Luruskan jalan bagi Tuhan..."  
Itu artinya kita lagi disibukkan dengan hal duniawi. 

Matius 3:6 
"Lalu sambil mengaku dosanya mereka dibaptis oleh Yohanes di sungai Yordan." Baptisan Yohanes adalah baptis yahudi bukan baptisan kristen. Yohanes 3:22 "Sesudah itu Yesus pergi dengan murid-murid-Nya ke tanah Yudea dan Ia diam di sana (spent some time with them)  bersama-sama mereka dan membaptis." Yohanes 4:1-2 "Ketika Tuhan Yesus mengetahui, bahwa orang-orang Farisi telah mendengar, bahwa Ia memperoleh dan membaptis murid lebih banyak dari pada Yohanes - meskipun Yesus sendiri tidak membaptis, melainkan murid-murid-Nya,".  Murid- murid dibaptis Yesus, lalu murid-murid membaptis murid lainnya. Baptisan kristen di mulai dari baptisan Yesus. Baptisan Kristen (Yesus) berbeda dengan baptisan Yohanes. 

Matius 3:11
"Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api." Baptisan Yohanes tidak membicarakan tentang Roh Kudus, hanya Baptisan Roh Kudus hanya  Yesus yang melakukannya kpd orang orang yg percaya kepadaNya...

Amin...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya