Allah Bekerja Sempurna Lewat Nenek Moyang

No: GMIKA/BS/080319/21.00wib/GS/ Risoles
Judul:  "Allah Bekerja Sempurna Lewat Nenek Moyang"

Kenapa banyak orang di dunia ini beragama? 
Karena mereka ingin diperkenan  "allah mereka"

Yakub anak Ishak cucu Abraham, hidupnya penuh dengan usahanya sendiri. Sebenarnya tanpa Yakub menipu Ishak, Esau dan Laban pamannya, Yakub tetap di pakai dalam rencanaNya Allah menjadi yg utama. Rencana Tuhan dalam hidup kita tidak akan gagal, tetapi kita tetap saja sibuk berpikir habis dengan usaha diri sendiri. Tidak pernah ada yang tahu apa sebenarnya tugas kita di bumi ini. Namun ini bisa sempurna jika kita hanya ikut apa yg Allah mau dalam Alkitab.

Bukankah Kedatangan Yesus ke dunia bukan karena kehendak manusia, tetapi kehendak Allah. Dulu salib bukan hal yang baik, bahkan hina dan sadis,sbg alat hukuman Romawi.   Akan tetapi menjadi istimewa karena ada Yesus yang mati di kayu salib. Dalam alkitab, ada 2 Injil yang menceritakan tentang silsilah Yesus, yaitu Matius dan Lukas. Ada beberapa catatan yang dapat kita pelajari tentang silsilah Yesus dalam kitab Matius dengan Lukas, beberapa diantaranya: 


1# Matius menuliskan silsilah, dari atas ke bawah dari Abraham nenek moyang orang Yahudi, sampai Yusuf suami Maria. Lukas menuliskan dari bawah ke atas. Di kitab Lukas, menunjukan silsilah sampai Adam anak Allah. Matius membuktikan kpd orang Yahudi bhwa Yesus adalah Anak Daud sbg Mesias yg dinubuatkan para Nabi. Matius 1:1-2 "Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya, Dalam Lukas dibuktikan bahwa Yesus adalah Juruselamat Dunia. Lukas 3:23-24, 30-38" Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli,....anak Enos, anak Set, anak Adam, anak Allah."

2# Kitab Matius, menunjukkan Maria adalah keturunan Abraham. Jadi Yesus adalah Mesias yang ditunggu bangsa Yahudi. Sebab, tidak semua keturunan Abraham menurunkan Mesias. Matius 1:6-16 "Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria,.... Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan, Matan memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus." Kejadian 12:3 "Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat." Kejadian 22:18  "Oleh keturunanmulah (tunggal) semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku."  Galatia 3:16  "Adapun kepada Abraham diucapkan segala janji itu dan kepada keturunannya. Tidak dikatakan "kepada keturunan-keturunannya" seolah-olah dimaksud banyak orang, tetapi hanya satu orang: "dan kepada keturunanmu", yaitu Kristus."

3# Silsilah dalam kitab Lukas menggambarkan bahwa Yesus adalah benar-benar Juruselamat bagi manusia.

4# Ayah nenek moyang Yusuf Maria adalah saudara kandung, jadi Yusuf dan Maria sama-sama keturunan Daud. Yusuf berasal dari garis keturanan Salomo Matius 1:5-6 "Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai, Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria,". Sedangkan Maria, berasal dari garis keturunan Natan (saudara kandung Salomo, 2 Sam 5;14)  Luk 3:30-31 "anak Simeon, anak Yehuda, anak Yusuf, anak Yonam, anak Elyakim, anak Melea, anak Mina, anak Matata, anak Natan, anak Daud,". Jadi Natan adalah saudara kandung Salomo. 2 Samuel 5:14-16" Inilah nama anak-anak yang lahir bagi dia di Yerusalem: Syamua, Sobab, Natan, Salomo,..." Luk 3: 23 ".... Ia adalah anak Yusuf, anak Eli,"

5# Yusuf, sempat dibatalkan dari keturunan Daud, saat Yekhonya dibatalkan di mata Tuhan, akibatnya secara Hukum ,Yusuf batal disebut anak Daud.  Lihat Yeremia 22:28-30 "Adakah Konya ini suatu benda yang hina, yang akan dipecahkan orang, atau suatu periuk yang tidak disukai orang? Mengapakah ia dicampakkan dan dilemparkan ke negeri yang tidak dikenalnya... Beginilah firman TUHAN: "Catatlah orang ini sebagai orang yang tak punya anak, sebagai laki-laki yang tidak pernah berhasil dalam hidupnya; sebab seorang pun dari keturunannya tidak akan berhasil duduk di atas takhta Daud dan memerintah kembali di Yehuda." Mat1:11 Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel. Mat1: 12 "Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel,"
Dalam hukum Yahudi, untuk membatalkan kutuk, dilakukan dengan cara menikahi perempuan dari sesama sukunya. Bilangan 36:3, 8 "....Jadi setiap anak perempuan di antara suku-suku orang Israel yang telah mewarisi milik pusaka, haruslah kawin dengan seorang dari salah satu kaum yang termasuk suku ayahnya, supaya setiap orang Israel mewarisi milik pusaka nenek moyangnya." Yusuf harus dengan Maria agar kutukan dari Yekhonya terputus. Sehingga Rencana Allah agar Yesus disebut anak Daud tergenapi. 
 

2 Samuel 7:12-16 "Apabila umurmu sudah genap dan engkau telah mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangmu, maka Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian,  anak kandungmu, dan  Aku akan mengokohkan kerajaannya. Dialah yang akan mendirikan rumah bagi nama-Ku (Salomo) dan Aku akan mengokohkan takhta kerajaannya untuk selama-lamanya..... Tetapi kasih setia-Ku tidak akan hilang dari padanya, seperti yang Kuhilangkan dari pada Saul, yang telah Kujauhkan dari hadapanmu.  Keluarga dan kerajaanmu akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapan-Ku, takhtamu akan kokoh untuk selama-lamanya." (Yesus). Ayat ini adalah bukti bahwa Kita sungguh-sungguh dikasihi ah. Lukas 1:32 "Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya.

Yesus sah disebut Anak Daud dan TahtaNya tak pernah berakhir...
Dia adalah benar benar Juruselamat dr Allah buat manusia yg  percaya kepadaNya...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya