"Pembersihan Hati"

No: GMIKA/BS/110119/21.00wib/GS/MartabakTelor
Judul:  "Pembersihan Hati"

Keselamatan adalah sebuah akibat karena mengenal Seorang Pribadi yang NamaNya mempunyai arti keselamatan. Keselamatan bukan tujuan kekristenan, keselamatan adalah hadiah. Tujuan kekristenan adalah berada bersama Bapa. Orang yang melihat Allah, memiliki keinginan yang baik. Apa syarat orang dapat melihat Allah? hatinya harus suci. Matius 5:8  "Berbahagialah orang yang suci hatinya (pure in heart), karena mereka akan melihat Allah.". Karena kita ini di selimuti dosa, jangankan melihat Allah, mengasihi Allah pun kita tdak mampu. Ketidakmampuan itu karena diri kita sendiri. Kita begitu penuh dengan keinginan-keinginan di luar Allah. 


Yohanes 17:24  "Ya Bapa, Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku,....." Roma 5:5 "Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita." Inilah salah satu fungsi Roh Kudus, yaitu mencurahkan kasih Allah. Jadi Tritunggal itu aktif, bukan pasif."

Ibrani 9:14  "betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat,..."  Yang membuat Yesus menyerahkan diriNya dan disalib adalah Roh Kudus. Mengenal Allah yang benar,maka harus hidup dalam kasih, karena Allah adalah kasih.1 Korintus 13:13 "Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar (greatest) di antaranya ialah kasih." Seperti tujuan pernikahan di mata Allah, yaitu agar kita mengasihi Allah. Kasih membuat kita bertahan disuatu tempat karena kebencian. Suci hatinya (Pure in heart) artinya tidak najis secara roh bukan tubuh. Nous (inti terdalam di hati kita  tempat Allah bertahta) dalam diri kita harus suci. 

Markus 7:21-23 "sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan,.... semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang." Galatia 5:19 "Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu," Dosa manusia hanya dua, di area perut dan dosa Seķsuaĺ Hanya Roh Kudus yang bisa menahannya. Kita harus dekat dengan gerejaNya. Kita bekerja bukan mengejar keselamatan, tetapi karena keselamatan. 1 Petrus 1:2  "yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya..." Hanya Roh Kudus yang mampu menyucikan kita. Kolose 2:18  "Janganlah kamu biarkan kemenanganmu digagalkan oleh orang yang pura-pura merendahkan diri... dan tanpa alasan membesar-besarkan diri oleh pikirannya yang duniawi,"

2 Korintus 3:14-15 "Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul, sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka,... ada selubung yang menutupi hati mereka." 2 Korintus 4:3-4 "Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa,.... sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah." Nous kita tidak bisa keluar,  karena terselubung dosa. Orang benar, bukan mereka yang tidak pernah jatuh dalam dosa, tetapi mereka yang saat jatuh tahu harus kemana mau kembali. Tapi Orang yang celaka, namanya telah dihapuskan.

Amin...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya