Hikmat Yang Dapat Mengalahkan Dunia

No: GMIKA/BS/231118/21.00wib/GS/MartabakTelor
Judul:  : "Hikmat Yang Dapat Mengalahkan Dunia"


Efesus 5:15-16 
"Karena itu, perhatikanlah dengan saksama,.., dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. "making the most of every opportunity, because the days are evil." Jika kita tidak menggunakan waktu kita, maka waktu akan menggunakan kita karena kejahatan itu sesuatu yang hidup. Itulah  sebabnya kita harus tinggal dalam TubuhNya (orang percaya gereja).

Efesus 5:17 
"Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan." Therefore do not be foolish, but understand what the Lord’s will is. Untuk mengerti kehendak Allah tidak bisa sendiri, kita harus mengusahakannya untuk mencari Tuhan. Jangan main-main dengan waktu, karena begitu lewat bagi kita waktu untuk berubah, maka mungkin tidak akan ada kesempatan lagi. Seperti orang murtad, sama nilainya yaitu mereka yang Kristen tetapi pikirannya tidak alkitabiah.

Satu perbuatan baik kita kepada orang lain, 
jauh lebih ditunggu daripada 1000 kepala yang tunduk berdoa...

Amsal 8:22  
"TUHAN telah menciptakan Aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya, sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala." Ayat ini banyak digunakan untuk (khususnya Saksi Yehowa) menjatuhkan orang kristen tentang Yesus adalah hanya ciptaan. 

1 Korintus 1:24-25 
"Tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah. Sebab yang bodoh dari Allah lebih besar hikmatnya dari pada manusia dan yang lemah dari Allah lebih kuat dari pada manusia." Wahyu 3:14  "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah: "Tidak semua hikmat bisa diartikan adalah Yesus Kristus, Yesus bukan bentuk hikmat Allah . Hikmat itu adalah bagian sifat Allah sendiri. Yesus adalah adalah Hikmat Allah, tetapi Hikmat Allah bukan selalu Yesus. 

1 Korintus 1:18-19 
"Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah. Karena ada tertulis: "Aku akan membinasakan hikmat orang-orang berhikmat dan kearifan orang-orang bijak akan Kulenyapkan."..... tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah." Pemberitaan tentang salib bagi orang-orang binasa adalah kebodohan.

Amsal 8:1-2 
"Bukankah hikmat berseru-seru, dan kepandaian memperdengarkan suaranya? Di atas tempat-tempat yang tinggi di tepi jalan, di persimpangan jalan-jalan, di sanalah ia berdiri, "Does not wisdom call out? Does not understanding raise her voice? At the highest point along the way, where the paths meet, she takes her stand; beside the gate leading into the city, at the entrance, she cries aloud : "Disini digunakan kata ganti perempuan, bararti hikmat bukan bicara selalu adalah tentang Yesus. Salib disebut kekuatan Allah dan Hikmat Allah. Disebut Kekuatan Allah karena didalam salib terdapat semua rencana Allah. 

Rencana Allah semula pada manusia yaitu : 
1.) Hidup kekal ->   karna dosa maka mati
2.) Tinggal di Firdaus ->   karna dosa maka  diusir (wilderness)
3.) Berjalan bersama Allah ->   karna dosa maka terpisah 

Hikmat Allah karena: 
1.) Roma 5:19  "Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar."

2.) Efesus 1:11  "Aku katakan "di dalam Kristus", karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan — kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya — 

3.) Amsal 8:12  Aku, hikmat, tinggal bersama-sama dengan kecerdasan, dan aku mendapat pengetahuan dan kebijaksanaan. “I, wisdom, dwell together with prudence; I possess knowledge and discretion." Dwell : tempat bersatu dengan Tuhan. Ini bukan berbicara tentang Yesus, tetapi Rancangan Allah.

Dosa (hamartia) awalnya berbicara seperti tentang anak panah yang dilemparkan tetapi tidak mengenai sasaran. Maka dosa berarti sama seperti itu. Sorga tidak bergeming hanya karena perbuatan baik atau jahat manusia, tetapi sorga bersorak saat ada satu orang bertobat. Orang-orang benar sering tidak sadar dengan perbuatan benar mereka. Sebaliknya, mereka yang merasa diri benar selalu merasa telah melakukan pekerjaan baik.

1 Yohanes 3:5  
"Dan kamu tahu, bahwa Ia telah menyatakan diri-Nya, supaya Ia menghapus segala dosa, dan di dalam Dia tidak ada dosa." Hanya Dia yang tidak memiliki dosa yang mampu menghapus dosa dan mampu taat kepada Allah ialah Yesus. Filipi 2:8  "Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib." Ayub 28:20  "Hikmat itu, dari manakah datangnya, atau akal budi, di manakah tempatnya?" Ayub 28:20-28 "Hikmat itu, dari manakah datangnya, atau akal budi, di manakah tempatnya?...  tetapi kepada manusia Ia berfirman: Sesungguhnya, takut akan Tuhan, itulah hikmat, dan menjauhi kejahatan itulah akal budi."

Kejarlah Hikmat Allah yaitu Rancangan Semula Yang Indah buat kita...

Amin


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya