Dunia Para Malaikat

Judul : Dunia Para Malaikat

Ada jenis tingkatan – tingkatan  malaikat, yaitu; penghulu, pemerintah-pemerintah, penguasa-penguasa, kerajaan, kekuasaan, roh-roh jahat, singasana, prince of the world.


1. Penghulu 
Yudas 1:9  “Tetapi penghulu (archangel) malaikat, Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa, tidak berani menghakimi Iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: "Kiranya Tuhan menghardik engkau!"”
1 Tesalonika 4:16  Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru (with the voice of the archangel ) dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; Ada dua penghulu; yang jatuh bernama Lucifer, dan yang tidak jatuh adalah Michael.



2. Pemerintah – pemerintah
Efesus 6:12  “karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah (rulers), melawan penguasa-penguasa (authorities) , melawan penghulu-penghulu (archangel) dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara (against the spiritual forces of evil in the heavenly realms).”

Roma 8:38  “Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang (….. neither the present nor the future, nor any powers),


3. Penguasa – penguasa
Kolose 2:14-15 “….  Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa (And having disarmed the powers and authorities) dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka. Dalam Matius 17:21  “[Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa.]" karena berbicara tentang melawan penguasa-penguasa.

4. Kerajaan
Jika malaikat jatuh maka mereka menjadi Penguasa tahta gelap di suatu wilayah tertentu. Misalnya. Legenda Laut Selatan, Gunung Gunung misteri.



5. Kekuasaan
Efesus 1:21  “jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan (far above all rule and authority, power and dominion ) dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang.”
6. Roh – roh jahat
Roh roh orang mati yang tidak diselamatkan oleh karena tidak percaya kepada Yesus Kristus dan tinggal sebagai sakit penyakit dan kelemahan tubuh.
7. Singgasana
Kolose 1:16  “karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana (thrones), maupun kerajaan (powers), baik pemerintah (rulers), maupun penguasa (authorities); segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.



8. Prince of the world
Yohanes 12:31  “Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia (the prince of this world) ini akan dilemparkan ke luar;”
Yohanes 12:31  “Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar (now the prince of this world will be driven out.);”

Daniel 10:12-13 “…  Pemimpin kerajaan orang Persia berdiri dua puluh satu hari lamanya menentang aku; tetapi kemudian Mikhael, salah seorang dari pemimpin-pemimpin terkemuka, datang menolong aku, dan aku meninggalkan dia di sana berhadapan dengan raja-raja orang Persia (But the prince of the Persian kingdom resisted me twenty-one days. Then Michael, one of the chief princes, came to help me, because I was detained there with the king of Persia).”


Walaupun sebenarnya kita di atas mereka( malaikat),  hari ini kita semua sementara di bawah mereka karena saat ini kita sedang ditawan (karena dosa) Lukas 1:71,74  “untuk melepaskan kita dari musuh-musuh kita dan dari tangan semua orang yang membenci kita, supaya kita, terlepas dari tangan musuh, dapat beribadah kepada-Nya tanpa takut,”. Kita hari ini lebih rendah dari malaikat-malaikat Ibrani 2:5-9 “…… Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.

Ada jenis malaikat utama :

1. Mereka yg tugasnya awal sbg Pemuji, penyembah, ahli segaka seni yg indah. ( Malaikat Luciel yg jatuh menjadi Lucifer).

2. Mereka yg menyampaikan Wahyu kepada manusia (malaikat Gabriel) , Luk 1:26, Luk 2:9, Dan 9
3. Mereka yg menjadi penjaga dan tentara Kepentingan Allah (Malaikat Mikhael)


Ibrani 1:2  ”maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.” Kenapa ada penerimaan ? karena ada yang ingin memberi, karena Tritunggal memiliki sifat saling mengasihi. Jadi salah satu alasan Bapa mau dunia diciptakan karena ada yang ingin diberi kepada AnakNya.



Kolose 2:18  “Janganlah kamu biarkan kemenanganmu digagalkan oleh orang yang pura-pura merendahkan diri dan beribadah kepada malaikat, serta berkanjang pada penglihatan-penglihatan dan tanpa alasan membesar-besarkan diri oleh pikirannya yang duniawi. Hari ini banyak juga orang kristen sudah menang tetapi kemenangannya digagalkan.  Karena mereka "memanfaatkan mementingkan Malaikat dan ini kesalahan fatal. Malaikat itu hanya dating kepada kita manakala kita perlu ditolong, karena ada masalah dan masalah tersebut akan potensi mengganggu kepentingan Allah dalam diri seseorang. Saat kita memiliki kepentingan Allah, maka maka malaikat aktif membela kita. Karena kita ada mengandung Kepentingan Allah sehingga layak dibelanya.


Semua kejahatan berasal dari dosa manusia dan mereka para malaikat jatuh, jadi tidak heran kalau dunia tidak pernah lepas dari kejahatan. Orang-orang yang menganggap FT hanya sebagai gagasan juga adalah pekerjaan setan. Iblis hanya takut kepada manusia yang menggangap FT sebagai Roti dan makanan bagi dirinya. Matius 4:4  “Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah” Roh malaikat bukan Roh Allah tetapi malaikat tetap diciptakan oleh Allah.  Nanti kita akan menghakimi malaikat, karena kita sebenarnya lebih tinggi dari malaikat  1 Korintus 6:3  “Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat? Jadi apalagi perkara-perkara biasa dalam hidup kita sehari-hari.”

Amin...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya