Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat


No: GMIKA/BS/191018/21.00wib/GS/Risoles
Judul: " CIPTAAN YANG TERLIHAT DAN TAK TERLIHAT “


Wahyu 19:9-10 
".... Maka tersungkurlah aku di depan kakinya untuk menyembah dia, tetapi ia berkata epadaku: "Janganlah berbuat demikian! Aku adalah hamba, sama dengan engkau dan saudara-saudaramu, yang memiliki kesaksian Yesus...." Malaikat bagi kita tak terlihat adalah bagian dr ciptaan Allah yg tdk kelihatan.   Malaikat adalah juga hamba Allah. Perbedaannya dgn manusia yg kelihatan... sedangkan mereka tidak. persamaannya adalah malaikat dan kita sama-sama ciptaan yg memiliki tujuan diciptakan. Malaikat tidak boleh disembah. Malaikat  adalah roh yang melayani Allah, dan malaikat tidak berdosa, tetapi bisa jatuh krn tidak taat ( malaikat jatuh). Malaikat tidak bertambah dan tidak berkurang dan tidak memiliki usia. Secara kekuatan, malaikat lebih kuat dari manusia. 

2 Korintus 11:13-15 
"....sebab Iblis pun menyamar sebagai malaikat Terang. Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran...." Malaikat bisa berupa api, angin, malaikat di danau tiberias nembuat angin ribut (ini pasti ex malaikat yg jatuh ) atau malaikat yang membelah laut merah (malaikat yg setia).

Yeremia 33:3  
"Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui." Dalam ayat ini, hal-hal yang tidak diketahui berbicara tentang doa, malaikatlah yg membawa doa Orang kristen. Itulah sebabnya kita harus lebih memperhatikan kepada yang tidak kelihatan juga.

Kolose 1:16  
"karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia." Allah menciptakan dua dunia.  Dunia yang tidak kelihatan selalu aktif bahkan sebelum dunia yang kelihatan ada, malaikat sudah  ada  dan mereka menjadi saksi dunia diciptakan. 

Ayub 38:4-5,7 
"Di manakah engkau, ketika Aku meletakkan dasar bumi?.... pada waktu bintang-bintang fajar bersorak-sorak bersama-sama, dan semua anak Allah bersorak-sorai?" Kenapa ada dunia yang kelihatan dan tidak kelihatan? Karena Allah kita adalah Allah yang tidak kelihatan (dunia rohani) dan Firman Allah telah menjadi daging dan harus turun kedunia yaitu Yesus adalah Allah yang kelihatan. Allah itu tidak kelihatan, karena salah satu sifatnya Roh, dan IA menyembunyikan diri, 

Yesaya 45:15.18-19 
"Sungguh, Engkau Allah yang menyembunyikan diri, Allah Israel, Juruselamat..... Tidak pernah Aku berkata dengan sembunyi atau di tempat bumi yang gelap. Ayat 15 Tidak pernah Aku menyuruh keturunan Yakub untuk mencari Aku dengan sia-sia!...." artinya jika kita mencari DIA yg tak terlihat tapi pasti akab mendaptkanNya. Seperti apapun tingginya prestasi kita di dunia 0ini,entah itu pendidikan yg tinggi, kekayaan atau jabatan....maka saat kita tidak mau mengerti dunia yang tidak kelihatan, sebenarnya kita tidak berarti apapun.

Wahyu 12:10 
"....Sekarang telah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita. "Sampai saat ini, pekerjaan iblis adalah mendakwa kita. Iblis itu tujuannya hanya satu, menyerang kemajuan Injil  yg diberitakan Gereja.

Kejadian 1:26  
Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar (in our image) dan rupa Kita (in our likeness), supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." Disebut menurut gambar (in our image) sebab pada awalnya, Allah berkehendak ingin (Theosis) membuat kita, seperti gambar Allah Yesus yg satu dgn Bapa.. karena ada kehendak Bapa didalamnya inilah kita Theosis. Benih Theosis ini ada agar saat ada orang melihat manusia, mereka mengingat Allah. Inilah Firman keluar dari Diri Allah, jauh sebelum dunia diciptakan. Saat malaikat ciptaan Allah, tidak menjadi Theosis mereka dibuang, karena tidak sesuai dengan gambar kehendak Allah. Sejak semula harus seperti Allah, karena gambar adalah pola asli. Saat disebut rupa Kita (in our likeness) ini seperti To be likeness = akan menjadi seperti. Likeness butuh usaha, dispilin dan ketaatan. 

Yohanes 17:22  
"Dan Aku 4telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: Yesus adalah gambar Allah dan rupa Allah yang paling sempurna. Filipi 2:5-11 "....yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan? melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia....".

Kejadian 1:27
Maka Allah menciptakan (So God created) manusia itu menurut gambar-Nya,.. " Kejadian 2:3-7 "...ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia (formed a man) itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup. Dalam Kej 2: 7 (formed) memiliki roh juga dan mengusahakan taman bukan seperti  uraian dari Kej 1:27 (diciptakan) tanpa roh dan ukurannya lebih besar karena untuk berkuasa atas ciptaan.

Amin...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Roh Kudus dan KaryaNya