Roh Manusia adalah Gambar dan Rupa Allah

No: GMIKA/BS/070918/21.00wib/GS/MieGoreng
Judul:  Roh Manusia adalah Gambar dan Rupa Allah

Allah adalah sumber kasih. Tiada seorangpun dpt meniadakan Kasih Allah. Sebab Allah adalah Kasih. Tanpa ada manusia, dan ciptaan lainnya Allah tetap Kasih. Karena DIA Kasih maka Allah harus mengasihi keluar diriNya. Inilah sebabnya Gereja dan Kasih tidak bisa dipisahkan. Gereja selamanya perkasa karena memiliki kasih Allah. Ukurannya adalah apapun yg kita miliki, Seberapa pun tinggi pengetahuan kita, saat tidak memiliki kasih, kita tidak berguna. 


1 Korintus 13:1-3 
".... dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna." (I gain nothing)Kasih tidak pernah gagal, sekalipun Allah ditolak dimana-mana. Kasih sejak semula juga memimpin sejarah kekristenan.

1 Korintus 13:4  
"Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong." (Love is patient, love is kind. It does not envy, it does not boast, it is not proud - kjv)

1 Korintus 13:5-8 
Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap."  Kasih tidak akan lenyap, karena kasih adalah hidupnya Allah. 1 Yohanes 4:8 "Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih." Di katakan dalam kjv "....because God is love." Kasih bukan sebagai kata Sifat tapi sebagai kata benda, Berbeda dgn konsep (maha pengasih) agama-agama..yang mengatakan Allah sifatnya Maha Pengasih.

Kejadian 1:26  
"Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita,....." Disini Bapa berbicara kepada Anak atau Firman, (sesama Tritunggal) Kenapa harus berbicara? Karena akan menciptakan. Kenapa bisa berbicara? Karena masing-masing dari Tritunggal memiliki hidupNya sendiri. Apakah gambar dan rupa Allah yg ada pada Manusia?
Karena Allah adalah Roh (Yoh 4:24), maka yg serupa dgn Allah dalam kita adalah roh kita. Manusia terdiri dari tubuh, jiwa dan roh (jiwa kulitnya roh, roh bagian dalamnya)  Matius 10:28  "....takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka. ("...Rather, be afraid of the One who can destroy both soul and body in hell"). Binatang tidak memiliki gambar Allah. Karena binatang tidak memiliki roh. Ada bagian Allah yang serupa dengan manusia ; roh, kasih dan hikmat pada manusia.

Roma 12:2  
"Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu (jiwa) sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. ("Do not conform to the pattern of this world, but be transformed by the renewing of your mind. Then you will be able to test and approve what God’s will is — his good, pleasing and perfect will."). Dalam kjv dituliskan "transformed" yaitu dikembalikan dari rupa dunia menjadi rupa Allah. Sebab semua manusia telah kehilangan kemuliaan gambar Allah 

Roh kudus mengerjakan :
1. Mendorong pelayanan NamaNya dibumi
(bentuk Enthusiasm) melalui karunia-karunia Roh Kudus.

2. Memulihkan (renewing) kehendak Kasih selamanya
(Perubahan/transformed manusia memiliki Allah yang semula - Buah Roh)

Yakobus 2:26  
"Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati." Jadi yang membuat hidup adalah roh. Roh tidak bisa mati, tetap hidup selama-lamanya.

amin...



Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya