Dasar iman adalah Yesus Anak Allah

No: GMIKA/BS/180518/21.30wib/GS/Batogor
Judul:  Dasar iman adalah Yesus Anak Allah

1 Kor 13:13  "Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih." Hanya pengikut Yesus yang mempunyai ketiganya, tetapi seringkali dilupakan orang-orang. 

1 Tes 1:2-3 "Kami selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu semua dan menyebut kamu dalam doa kami.Sebab kami selalu mengingat pekerjaan imanmu, usaha kasihmu dan ketekunan pengharapanmu kepada Tuhan kita Yesus Kristus di hadapan Allah dan Bapa kita."

1 Thes 1:2 "We remember before our God and Father your work produced by faith, your labor prompted by love, and your endurance inspired by hope in our Lord Jesus Christ." 


Dari ayat tersebut kita belajar tentang *KASIH* yng adalah sebuah usaha, *KETEKUNAN* adalah sebuah pengharapan, dan *IMAN* adalah pekerjaan. Ketiganya aktif bergerak juga tidak diam dalam sebuah titik.

Ciri-ciri pekerjaan (IMAN): ada hasil/upah dan pekerjanya harus keluar dari tempat nyamannya untuk melakukan pekerjaan tersebut.. Iman itu tidak pernah lepas dari ajaran. Titik iman kita adalah Yesus. Kenapa bukan Bapa atau Roh Kudus? Karena kita tidak pernah mengenal Bapa dan RK jika tidak melalui Yesus.

Gal 1:8-9 "Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia. Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia." 

Terkutuk itu artinya tidak mendapatkan apa yang dijanjikan dan terpisah dari Allah dan akibatnya mengalami mati. Jika ada yang membritakan Injil lain maka terkutuklah dia. Injil/iman yang di ajarkan kepada orang Galatia saat itu berdasarkan ajaran para rasul. 

Jadi apa sebenarnya arti Kerjakan imanmu yaitu kita meluruskan iman kita, kita harus mempunyai pengajaran dan pengharapan akan Yesus yang sama seperti yang diajarkan para rasul.  Sebab hidup kita adalah anugrah. Anugrah adalah kepercayaan Tuhan untuk menjalankan hidup ini. 

Kis 11:26  "Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen" Gereja kristen pertama ada di Antiokhia. Murid-murid pertama kali disebut kristen. Orang kristen pertama adalah murid-murid.  

Mat 16:13-15 "Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?"... Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" Di ayat ini Yesus menginginkan pengenalan yang benar tentang diriNya, yaitu Yesus yang dinubuatkan oleh para nabi-nabi terdahulu juga Yesus yang dibangkitkan oleh Allah, sperti tertulis dalam ayat-ayat berikut ini: 

1# Kis 2:31-32 ".... bahwa Dia tidak ditinggalkan di dalam dunia orang mati, dan bahwa daging-Nya tidak mengalami kebinasaan. Yesus inilah yang dibangkitkan Allah, dan tentang hal itu kami semua adalah saksi." 

2# 1 Pet 3:18-19 "Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh," 

3# Yoh 10:17-18 "Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali Tidak seorang pun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. 

Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku." Saat Yesus mati, yang mati tubuh manusiaNya. Saat Yesus dikuburkan, yang dalam kuburan hanya tubuhNya yg diambil dr daging Maria bundaNya. Dimanakah roh manusiaNya dan dimanakah Roh AllahNya? "di dalam Roh itu" Roh Allah itu juga sama dengan roh manusia.

Tubuh daging dari Maria diubah menjadi tubuh kemuliaan. Setelah menginjili roh orang mati, lalu ke Firdaus, yang naik ke sorga adalah tubuh kemuliaanNya 1 Pet 3: 19-20 "dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara, yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu." Roh yang mati pada zaman Nuh, penjaranya ada di bumi. 

Yoh 8:58 "Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada." "Very truly I tell you,” Jesus answered, “before Abraham was born, I am!”" (niv) "Jesus said unto them, Verily, verily, I say unto you, Before Abraham was, I am." (kjv) I am menunjukkan waktu yang sekarang, hanya Yesus yang mampu mengatakannya. Yesus 1 pribadi dengan 2 kodrat. 

Ibr 2:14-17 "Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut; dan supaya dengan jalan demikian Ia membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut..... Itulah sebabnya, maka dalam segala hal Ia harus disamakan dengan saudara-saudara-Nya, supaya Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan dan yang setia kepada Allah untuk mendamaikan dosa seluruh bangsa.

Karya dan pribadi YESUS menjadi dasar iman kita...



Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya