Roh Manusia Yang Gelap

No: GMIKA/BS/230318/21.00wib/GS/Mendoan
Judul: "Roh manusia yg gelap"

Luk 16: 23-27
Orang mati yang tidak percaya Yesus masuk kedalam alam maut, dan alam maut ada di bumi ini dan menderita sengsara seperti dalam api, tetapi masih bisa berkomunikasi dan mash mengenal keluarganya.

Luk 16:23 
"... dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya." Pangkuan Abraham berbicara tempat orang yang mati tapi  berkenan  Allah. Orang-orang di bumi bisa dilihat orang mati....

Luk 16:26 
"Selain dari pada itu di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi, supaya mereka yang mau pergi dari sini kepadamu ataupun mereka yang mau datang dari situ kepada kami tidak dapat menyeberang." Mereka yang di dalam alam maut dan pangkuan Abraham tidak dapat bertukar tempat. 

Luk 16:27-28 
"Kata orang itu: Kalau demikian, aku minta kepadamu, bapa, supaya engkau menyuruh dia ke rumah ayahku, sebab masih ada lima orang saudaraku, supaya ia memperingati mereka dengan sungguh-sungguh,...."  Orang kaya itu masih mengira bahwa ia masih dapat memerintah Lazarus . Karakter semasa hidup akan tetap terbawa sampai mati.  Krn Orang mati yang tidak selamat masih dapat mengenali orang-orang di bumi. Jadi bukan hanya otak , manusia, tapi juga ada yang menggerakkan yaitu Nous (inti roh manusia yg tak perlu lagi tubuh) itulah yang Allah selamatkan. 

Ef 4:17 
"Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya (roh manusia) yang sia-sia" . Roh kita tahu bahwa kita manusia kekal, tetapi manusia hidup tidak kekal karena  kita telah terputus dgn HidupNya Allah. Manusia yang tidak mengenal Allah melakukan hal-hal yang bangsa-bangsa di bumi lakukan (NIV:..as gentiles do).   Sebab itu mereka memiliki adat istiadat. Adat istiadat adalah usaha manusia untuk mencari dan mengenal Allah. Inti roh (Yun : Nous)kita berada dalam perhambaan. Nous adalah tempat Allah meletakan (Kasih Allah) dalam hidup kita. 

1 Tes 4:13-1 
"Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan.... Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal." Semua orang mati dan hidup yang percaya Yesus akan dibangkitkan secara bersama-sama. Masuk Sorga itu nanti bersama sama.
Yud 1:14-15 "Juga tentang mereka Henokh, keturunan ketujuh dari Adam, telah bernubuat, katanya: "Sesungguhnya Tuhan datang dengan beribu-ribu orang kudus-Nya, hendak menghakimi semua orang dan menjatuhkan hukuman atas orang-orang fasik karena semua perbuatan fasik,..." 

Ibr 2:15  
"dan supaya dengan jalan demikian Ia membebaskan mereka yang seumur hidupnya *berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut.*" Siapa yang diperbudak? yaitu Nous semua orang"

Ef 4:24 
"dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya."
Ef 4:18 "dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah (terputus dari HidupNya Allah), karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka." Nous harus diperbaharui sebab kita sudah terpisah dari Allah. Saat kita terpisah,  maka tidak bisa menyembah Allah. 


Nous yang rusak selalu bergantung kepada 2 simbol tubuh yaitu perut dan seks.

Dari kedua hal inilah nous yang rusak menjadi liar. 1 Kor 6:9  "...Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit," Gal 5:19  "Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,. Percabulan itu memiliki karakter, 1 Kor 6:12 " Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak" membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun. 1 Kor 6:13  "Makanan adalah untuk perut dan perut untuk makanan: tetapi kedua-duanya akan dibinasakan Allah. Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh."

Jenis-jenis manusia dalam dunia, yaitu;
1# Manusia duniawi (worldly)  (yun:Sarkikos Anthropos)
1 Korintus 3:1  Dan aku, saudara-saudara, pada waktu itu tidak dapat berbicara dengan kamu seperti dengan manusia rohani, tetapi hanya dengan manusia duniawi, yang belum dewasa dalam Kristus.

2# Manusia duniawi  (the man without spirit), (yun: Psychos Anthropos)
1 Korintus 2:14  Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.

3# Manusia rohani (spirit man),  (Pneumatos Anthropos)
1 Korintus 2:15 Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain. 

Mal 3:18  
"Maka kamu akan melihat kembali perbedaan antara orang benar dan orang fasik, antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak beribadah kepada-Nya." Allah sangat adil, karena itu Ia akan membedakan siapa mereka yang patut diselamatkan.

amin


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya