Tipu Daya Iblis

No: GMIKA/IM/250218/18.00wib/RoyandiHutasoit
Judul: Tipu Daya Iblis

Dalam Kej 2:9, ada 3 macam pohon dalam taman Eden: 
1. "....pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya;..."
2. "... pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu,..."
3. "... pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat."

Kejadian 2:16-17 "Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati." Saat Hawa di cobai iblis, iblis mumutar balikkan  Firman untuk mencobainya (Kej 3:1). Di awalnya Hawa masih belum tergoncang, tetapi pengertian Firman yang dimiliki Hawa saat itu terbatas (Kej3:2-3). Hawa menambah-nambahkan Firman yang Allah katakan. (Kej 2:17, Kej 3:2). 

Hawa adalah gambaran orang percaya yang tidak serius mendengar Firman. Jadi tidak heran kalau kita mudah di hasut iblis (Kej3:4-5) Kata "nanti mati" dalam ayat 4 dan 5 adalah pikiran secara akal manusia (1Pet2:20-21). Dalam Kej 2:17 "pastilah mati" bicara tentang harinya Tuhan. 1 harinya Tuhan sama dengan 1000 tahun manusia. Adam mati saat usia 930thn, tidak menembus 1harinya Tuhan.
1 Yoh5:11 "Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita..." Kata "inilah kesaksian itu.." menunjukkan hal hidup yg kekal itu sudah terjadi. 

1 Yoh 5:12  "Barangsiapa memiliki Anak (Yesus) ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak (Yesus), ia tidak memiliki hidup." Memiliki hidup kekal hanya terjadi saat kita memiliki Yesus dan percaya kepada Anak Allah (Yesus) sebagai Juruselamat.

1 Yoh 5:13 ".... supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal."

Ada 3 Tipu Daya Iblis bagi orang percaya : 
1. Tidak akan mati, Kej 3:4,  Kej 2:17
Adam diciptakan untuk hidup kekal (gambar dan rupa Allah) tetapi karena telah memakan buah pengetahuan yang baik dan yang jahat maka Adam mati. 

2. Matamu akan terbuka, Kej 3:5 
Adam sesungguhnya mampu melihat hal-hal rohani.  (Ef 1:8) Setiap orang percaya Tuhan jadikan mata hatinya terang untuk mampu mengerti maksud Tuhan dalam hidup kita.

3. Kamu akan menjadi seperti rupa Allah, Kej3:5
Kita harus mengerti identitas diri kita yang adalah gambar dan rupa Allah.

Kuncinya adalah iblis ingin menipu kita untuk menghancurkan hubungan kira dengan Tuhan. Saat kita tidak menaati Firman Tuhan, hidup kita akan banyak masalah. Caranya dengan jangan pernah Firman Tuhan di ragukan, Responsif akan Firman dan jadikan firman sebagai dasar Firman Tuhan. Luk 8:18  "Karena itu, perhatikanlah cara kamu mendengar. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ia anggap ada padanya."

AMIN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya