Roh Kudus Pribadi Allah Yang Setia


No: GMIKA/BS/19018/21.00wib/GS
Judul: Roh Kudus Pribadi Allah Yang Setia


Mat28:19-20 “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, ....Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (NIV) Go ye therefore, and teach all nations, baptizing them in the name of the Father, ....dst. In the name dipakai bukan Names menunjukkan satu pribadi saha ,jadi Alah, Anak dan Roh Kudus  adalah satu.


1 Kor 2:11 “.....Demikian tidak ada yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.”  Siapa yang tahu dalam diri Allah selain Diri Allah sendiri. Roh yang menemani selamanya  manusia yg hidup adalah Roh Kudus


Maz 104: 29-31 : “.....Apabila Engkau menyembunyikan wajah-Mu, mereka terkejut (terrify);....”Saat Allah tidak menunjukkkan pribadiNya Roh Kudus ,  maka tidak ada hidup ini. Manusia yang tanpa Roh Allah maka “terrify”  (mengerikan)“..... apabila Engkau mengambil roh mereka, mereka mati binasa dan kembali menjadi debu....”




Saat Allah tidak memandang manusia, maka roh manusianya mati, sebab tugas Roh Kudus yaitu memberi hidup. Yesus (Firman Allah) keluar dari Bapa, dan Roh Kudus  diutus dari Allah, . Roh Kudus adalah pemberi hidup,  (Ayub 33:4 “Roh Allah telah membuat aku dan nafas Yang Mahakuasa membuat aku hidup.”)


Maz 33:6 “Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan,oleh nafas( Roh ) dari mulut-Nya segala tentaranya.” (30) “Apabila Engkau mengirim roh-Mu, mereka tercipta,....” tugas Roh Kudus adalah “.... and thou renewest the face of the earth.” Tugas Roh Kudus sebelum Yesus mati dan bangkit adalah memberi hidup dan mendorong orang melakukan kehendak Allah.   Namun Roh Kudus berbeda sebelum Yesus bangkit dan sesudah Yesus bangkit.


Yoh 15:26 “Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.”  Tugas Roh Kudus adalah sebagai Penghibur (conselor) meneguhkan dengan apa yang tentang Yesus katakan. Dalam Kis 5, tentang Ananias dan Safira yang mendustai Roh Kudus. Mereka menolak hidup dgn berbohong.


Di Kis 13:2 “Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka." Roh Kudus berkata melalui orang-orang yang sungguh-sungguh (jemaat mula-mula/gereja). Roh Kudus bicara melalui suara hati kita.


2Kor 3:18 “Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari *Tuhan yang adalah Roh*, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.” *Roh Kudus tugasnya juga menambahkan kemuliaan kita*.


Ibr 9:14 betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.” Berarti Tritunggal bekerja secara aktif* dalam setiap kita.


Roh Kudus adalah pribadi Allah sendiri dan aktif dalam hidup kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya