Bagaimana Perjanjian Baru mulai ada..?


No: GMIKA/BS/120118/21.00wib/GS
Judul:  Bagaimana Perjanjian Baru mulai ada..?

 Kis 4:31
“Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, ...” di ayat ini  terjadi tempatnya bergoyang, ini adalah pekerjaan para malaikat, bukan Roh Kudus sbg pribadi ketiga Tritunggal. Kis 2:4 “Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.” 2 ayat ini memiliki kesamaan, yaitu tempatnya bergoncang dan lidah api..oleh karena pekerjaan Malaikat meneguhkan Karya Roh Kudus. Perbuatan ajaib Allah itu berdasarkan apa? karena saat itu Injil belum ada. Jadi yang diberitakan adalah ajaran para rasul. Ajaran inilah yg menjadi dasar iman jemaat mula mula.


Dalam kis 2:11 “....kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah." kata “perbuatan2  Allah yang besar” berdasarkan tentang yang di beritakan pengajaran para rasul yaitu Karya Anak Allah Yesus Kristus sampaj hari naikNya ke Sorga. Injil yang diberitakan ini belum dalam bentuk kitab suci. Injil itu tentang Yesus, tentang Yesus Anak Allah yang lahir , mati dan bangkit dan naik akan akan turun kembali ke dunia kelak. (Kis2:4)



Kis 2:41 “....dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.” Jumlah 3000 orang adalah hasil orang bertobat. Kis 2: 42 “Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. ...” ini menjadi  firman Allah dari pengajaran para rasul.

1Kor 15: 1 “Dan sekarang, saudara-saudara, aku mau mengingatkan kamu kepada Injil yang aku beritakan kepadamu dan yang kamu terima, dan yang di dalamnya kamu teguh berdiri.”   Kata kamu ditujukan untuk jemaat di Korintus tentang Injil yang Paulus sampaikan.

1 Kor 15:2 “Oleh Injil itu kamu diselamatkan, asal kamu teguh berpegang padanya, seperti yang telah kuberitakan kepadamu kecuali kalau kamu telah sia-sia saja menjadi percaya.
asal kamu teguh berpegang, oleh injil kamu diselamatkan,” . Dalam kata *kecuali* disini mengajarkan ada kemungkinan org kristen yang tidak sungguh2 mempertahankan imannya,dalam hidupnya. Di jelaskan bahwa.. yang paling penting menurut Paulus adalah Kristus telah mati karena dosa2 kita sesuai dengan Kitab Suci (Perj.Lama) (1kor15:3)


2pet 3:15,16 “..... seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya. Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, apabila ia berbicara tentang perkara-perkara ini. ....” Petrus mengakui bbrpa tulisan Paulus sebagai Firman yang diilhamkan oleh RK..namun ada pula yg bukan berbobot sbg Firman.... ini adalah permulaan adanya perj.baru. Disini adalah bukti Paulus dan Petrus saling melegitimasi..tulisan mereka sbg Firman yg dikemudian hari disatukan dalam Canon Alkitab.

Dalam Luk 1:1-4 , Lukas  berusaha untuk menyusun ajaran2 pengajaran rasul secara tertulis. kitab suci kita ini berdasarkan peristiwa , lalu di beritakan diselidiki lalu disusun. 2tes 2:15 “Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.” yang menulis surat ini paulus, tetapi mewakili para rasul “dari kami”

Kitab suci disusun ditulis dalam kumpulan orang percaya di  (gereja). gereja lebih ada dahulu dari kitab suci.  Surat Paulus utk jemaat Roma berarti jemaat ada dulu baru suratnya terbuat.   Jadi tidak heran kalau gereja juga sangat kita perlukan  untuk menguji setiap pribadi kita selama hidup. Maka SALAH lah pendapat yg berkata..."saya hanya perlu Firman TUHAN saja cukup..gak perlu Gereja lagi. Kalau Perj Baru ditulis perlu Gereja sbg wadah uji, maka Pilihlah yg mana akan menjadi gerejamu supaya engkau teruji dan terlindungi sampai akhir jaman.

Amin...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya