Keyakinan Akan Allah Tritunggal (Bag-3)

No: GMIKA/BS/201017/21.00wib/GS/MartabakTelor
Judul:  Keyakinan Allah Tritunggal #3

Rom 8:16  "Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah." Kata *anak-anak Allah* itu adalah perkataan Roh yang berarti mereka setuju bahwa kita adalah anak-anak Allah. Tuhan tidak memperanakan anak, Tuhan diper"anak"kan Bapa adalah  Firman. Jadi Siapa Roh itu, yaitu Allah sendiri. Yesus sudah ada sebelum semua berada, tetapi namaNya sebagai Anak. Mat 1:21 "Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus,.... ." Nama Yesus dipakai setelah masuk dalam rahim Maria. Arti nama Yesus adalah Juruselamat. 

Ibr 1:2 "maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta." Yang menjadikan alam semesta adalah AnakNya Bapa (Yesus). Nama Yesus  baru mulai sejak pra Natal.   Apa yang melekat dalam Yesus: Yesus putra Maria dan Yusuf baru lahir NATAL ,tapi juga firman yang keluar dari Allah, yaitu AnakNya.

Fil 2:9-11 "....supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!" Ada 3 dimensi yaitu Langit (malaikat), atas bumi (manusia) dan bawah bumi (orang mati). Semuanya termasuk orang mati dan hidup harus tunduk kepada Yesus dan lidahnya menyebut Yesus Kristus adalah Tuhan.Kristus berarti yang diurapi, yang dipilih dan tidak ada pilihan lain. Yesus diurapi menjadi Kristus oleh Roh Kudus. Parakletos: Penolong dari Tuhan (bhs yunani) untuk Roh Kudus. Sebutan Tuhan Yesus Kristus berbeda  fungsi dengan Bapa Anak Roh Kudus,krna masing masing berkarya.

Yoh 14:1-2 "....Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu..." Bapa dengan tempat tinggalnya, tetap Bapa yang lebih  besar dari apapun. 1 Tim 6:14-16 "...Raja di atas segala raja dan Tuan di atas segala tuan.Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut, *bersemayam dalam terang yang tak terhampiri*.  Inilah RumahNya. Seorang pun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia....." Tuan di atas segala tuan (Yesus), Seorang pun tak pernah melihat Dia (Allah)

Yohanes 3:13  Tidak ada seorang pun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. Hanya Yesus yang turun dari sorga yang pernah dapat naik ke sorga. Bedakan kalo orang berkata antara naik dan melihat ke sorga. Jadi terang yang terhampiri itu adalah Allah. Dan rumah Allah bicara tentang hal rohani bukan hal fisik karena didalam Bapa ada dua lainNya yaitu Firman dan Roh.

Yoh 5:28-29 "....bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya,..."
Tubuh kemuliaan setelah kebangkitan  bisa makan, tapi juga dapat menembus material yang ada di bumi dan melewati dimensi waktu. Jadi siapa yang masuk sorga? adalah mereka yang sudah dibangkitkan dulu. Henokh dan Elia dalam kitab Wahyu 11:1-14 Dan Aku akan memberi tugas kepada dua saksi-Ku, supaya mereka bernubuat sambil berkabung, seribu dua ratus enam puluh hari lamanya....Dan apabila mereka telah menyelesaikan kesaksian mereka, maka binatang yang muncul dari jurang maut, akan memerangi mereka dan mengalahkan serta membunuh mereka. Dua saksi Allah masih hidup karena Allah menghendaki, dan mereka tetap harus mati untuk dapat dibangkitkan.

Kebenaran bukan sekedar masalah sikap tetapi perbuatan. Luk 17:20-21 "....Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah, juga orang tidak dapat mengatakan: Lihat, ia ada di sini atau ia ada di sana! Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu." Pemerintahan Allah bicara tentang hal rohani, karena tidak seorang pun pernah melihat Bapa. Nama Yahweh adalah Nama Allah dalam PL utk Israel. Yoh 17:11 "Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu *nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku*, (skrg Nama Yahweh ada didalam YESUS) supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita." Yesus sudah tidak ada lagi didunia, tetapi manusia masih ada dalam dunia.

GBU,,,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya