Keyakinan Akan Allah Tritunggal (Bag-1)

No: GMIKA/BS/061017/21.20wib/GS/MieGoreng
*Judul:*  Keyakinan Akan ÀĹLAH Tritunggal

Allah adalah Allah yang independent yang menciptakan segalanya sendiri atas kehendakNya sendiri. "Yes 44:24" .... Akulah TUHAN, yang menjadikan segala sesuatu, yang seorang diri....   siapakah yang mendampingi Aku?" Jawabannya tidak ada. Saksi Yehova menuduh bahwa Yesus bukan Allah, tetapi adalah ciptaan Allah. Yesus di mata Saksi Yehova adalah malaikat Mikael yang diutus ke bumi. 

Yes 44:6 "....Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku." Allah kita bukanlah Allah yang dapat menurun atau meningkat.  Saat allah itu berkurang atau bertambah, ia bukan allah. Juga saat allah menciptakan bumi dengan bantuan, itu bukan allah. Allah kita menciptakan semuanya hanya dengan berfirman.,Siapakah yang mengetahui tentang Allah kecuali Anak Allah yang keluar dari pangkuan (berbicara tentang kedekatan) Bapa. Allah adalah Roh, jangan samakan wujud keadaannya seperti manusia. 


Yoh 1:18  "Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa,...." 1 Kor 8:6 "....dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup." Ef 4:6 "satu Allah dan Bapa dari semua,...." Allah adalah satu dalam hakekat ke Ilahian, bahkan Ia Esa juga dalam menandingi, tidak ada satupun yang dapat menandingi Dia. Allah Esa dalam kuasaNya dan penyembahan. Hanya kepada Allah saja semua penyembahan harus ditunjukan. Tidak ada tempat lain untuk menyembah selain kepada Allah. Mat 4:10 ".... Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!" Seperti dalam bahasa Yunani Hu adalah panggilan artinya Ia sebagai pribadi.

Ul 18:9-13 "Apabila engkau sudah masuk ke negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, maka janganlah engkau belajar berlaku sesuai dengan kekejian yang dilakukan bangsa-bangsa itu." Di luar bangsa Isarel penyembahan bangsa-bangsa mengacu pada Allah multi kultural. Berhala saat ini bukan sekedar allah lain atau dewa-dewa (klasik), tetapi bisa berupa ideologi, sesuatu yang membuat kita lupa akan ke EsaNya. Tidak semua patung adalah berhala dan tidak semua berhala adalah patung. Jadi setiap hari kita harus bertobat untuk hal yang membuat kita melupakan ke Esaan Allah. Kis 19:19 "Banyak juga di antara mereka, yang pernah melakukan sihir, mengumpulkan kitab-kitabnya lalu membakarnya...."

Yesus turun dari pangkuan Bapa. Jadi yang Esa adalah Bapa. Dalam kekalan Bapa dan Yesus adalah satu, bahkan Yesus sudah ada sebelum penciptaan. Yoh 17:1-3 "Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: "Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau. Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup,...." Yoh 8:56-58 "Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita......sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."


Rom 6:9 "Karena kita tahu, bahwa Kristus, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, tidak mati lagi: maut tidak berkuasa lagi atas Dia." Dikatakan demikian maksudnya maut ada di dunia, dan dunia tidak dapat menyentuh Yesus.  Yoh 10:17-18 "..... Tidak seorang pun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali...." Dia adalah Allah yaitu Dia yang berkuasa atas hidup. Jadi siapakah Allah itu: Bapa, Yesus, Roh kudus yang diam dalam satu pribadi. Yoh 17:5  "Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada." Kenapa "..PadaMu sendiri...,"? sebab tidak ada tempat lain lagi kemuliaan selain dari Bapa. Masing-masing pribadi Tritunggal memiliki kemuliaan karena Tritunggal adalah Allah. Yesus tidak pernah berubah, hanya daging Maria yang berubah (fisik Yesus). Gal 4:4  "Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat. Pengertian " ...setelah genap waktunya.." yaitu ada rencana. Lebih dulu Allah mengutus AnakNya daripada turun ke dalam perut seorang perempuan. Yoh 6:38 "Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku."

Yoh 3:13 "Tidak ada seorang pun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia." Manusia tidak dapat ke sorga kecuali dibawa oleh Yesus yang pernah turun dari sorga. Yoh 8:56-58 (kjv) "....I say to you, Before Abraham was, I am.:"  I am bicara tentang sekarang. Tetapi Yesus mengatakanNya sebab Yesus sudah ada. Kej 3:8  "Ketika mereka mendengar bunyi langkah TUHAN Allah, yang berjalan-jalan dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia..." Yesus yang berjalan di taman Eden sebelum menjadi manusia sebab hanya Yesus yang dapat memanggil Allah dengan Kurios. Penampakan Yesus itu yang sering disebut Theofani. Kej 16:7 "Lalu Malaikat TUHAN menjumpainya dekat suatu mata air di padang gurun,...." Yesus bertemu Hagar dalam penampakannya melalui MalaikatNya. Kej 16:16 "Lagi kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: "Aku akan membuat sangat banyak keturunanmu,...."  Allah hanya melihat kepada siapa Ia mau melihat.

Luk 24:37-39 (kjv) ".....handle me, and see; for a spirit has not flesh and bones, as you see me have." (sudah bangkit) Kej 18:2, 16-17 "Ketika ia mengangkat mukanya, ia melihat tiga orang berdiri di depannya....dan Abraham berjalan bersama-sama dengan mereka untuk mengantarkan mereka. Berpikirlah TUHAN: "Apakah Aku akan menyembunyikan kepada Abraham..." Satu orang diantara mereka adalah Yesus. Abraham sudah bertemu  Yesus, dan percaya kepada Yesus, sehingga Abraham selamat. Kej 19:1-2 "Kedua malaikat itu tiba di Sodom pada waktu petang. Lot sedang duduk di pintu gerbang Sodom dan ketika melihat mereka,..... " Orang- orang PL mengenal Yesus yang bertemu melalui Theofani yaitu malaikat yang membawa namaNya. Jadi orang-orang yang percaya di PL karena Yesus. Ibr 11:24-26 "Karena iman maka Musa, setelah dewasa, menolak disebut anak puteri Firaun,.... Ia menganggap penghinaan karena Kristus sebagai kekayaan yang lebih besar dari pada semua harta Mesir, sebab  pandangannya ia arahkan kepada upah.

amin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya