Keyakinan Akan Allah Tritunggal (Bag-2)

No: GMIKA/BS/131017/21.00wib/GS/Macharoni
Judul: Keyakinan Akan Allah Tritunggal (Bag-2)


Hos 11:9 "....Sebab Aku ini Allah dan bukan manusia, Yang Kudus di tengah-tengahmu, dan Aku tidak datang untuk menghanguskan." 1 Kor 8:6  "namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup." Allah di sebut Bapa, karena Bapa adalah sumber perlindungan kita, segala sesuatu berasal, segala yang kita perlukan. Allah Bapa kita adalah yang ada dengan sendirinya,  sedangkan kata Tuhan adalah jabatan. Yesus menjadi Tuhan dan Kristus, sejak kebangkitanNya Yesus diberi gelar Tuhan oleh Allah BapaNya   Kis2:36 dan Rom 10:9-10 "Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan..."

1 Kor 6:14  Allah, yang membangkitkan Tuhan, akan membangkitkan kita juga oleh kuasa-Nya. Mat 28:18 "Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi." Pemilik hidup kita (tuan=TUHAN) adalah Yesus, yang  diberikan oleh Allah. Siapa Allah itu adalah Bapa kita. Allah disebut Bapa, karena telah memperanakan  (.mengutus keluar dr pangkuan Bapa) Yesus Yoh 1:18.Yesus dibangkitkan oleh Bapa, karena Yesus berasal dari Allah. Tuhan itu adalah jabatan. Jadi Tritunggal adalah tiga pribadi yang berada dalam satu Allah. Tuhan Yesus tidak sama dengan Allah Bapa. Firman Allah yang hidup (Yesus) itu menggambarkan Bapa scra Benar, s3bab tak seorangpun pernah melihat Allah. Sebab itu hanya melalui Yesus kita mengenal Bapa, dan melalui Roh Kudus kita mengenal Yesus.

Kis 2:36 "....bahwa Allah (Bapa) telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus." Jadi yg tepat kita adalah anak anak  Allah, bukan anak Tuhan sebab Yesus pun keluar dari Allah (Bapa). Namun untuk menjadi anak Allah kita harus percaya dahulu  kepada AnakNya Bapa Yesus Kristus.
Yes 9:5  "Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. 
Ayat 5b, menceritakan tentang Allah BapaNya Yesus. Yohanes 5:17  Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Aku pun bekerja juga." Dalam ayat ini seolah ada dua pribadi.   Anak Allah melakukan apa yg BapaNya lakukan.
Yoh 5:18 "..., tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah."

Anak dan Bapa dan Roh Kudus sama tinggi, sebab Anak berasal dari Bapa, bgtu pula Roh Kudus dan ketiganya berasal dari satu pribadi, yaitu Bapa, Allah itu sendiri. Bapa menciptakan segala sesuatu dengan FirmanNya, dan Firman Allah adalah Yesus. Firman itu adalah Allah, tetapi bukan  karena demikian  Firman itu Bapa, sebab Firman itu merupakan bagian Bapa. Allah yang ada dengan sendirinya lebih besar dari apapun. Siapakah Roh Kudus itu? DiA adalah Roh Allah sendiri yang berasal Allah.  Hanya Roh Allah lah yang mengenal Allah sendiri menyatakannya (revealed) melalui Roh. 1 Kor 2:10-11 "Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah....Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah. Saat kita berdoa, kita berdoa kepada Roh Kudus, sebab Allah hanya mengerti bahasa kita yg dibawa oleh Roh Kudus.  Rom8:26-27 "... tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus. Yoh 15:26-27 "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku...."

Jadi Roh Kudus yang memimpin kita dan bukan sebaliknya. Bapa adalah Roh, tetapi Roh itu bukan Bapa sebab Roh berasal dari Bapa. Bapa adalah Firman atau Anak, tetapi Anak itu bukan Bapa. Jadi Bapa kita adalah satu, bukan tentang jumlah tetapi tentang bagaimana Tritunggal adalah Esa, karena saling mendiami satu dengan yang lain. Keesaan Allah adalah Bapa, Firman dan Roh adalah Allah kita.   

HALELUYA...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya