Berjalan Di Dalam Iman

No: GMIKA/IM/081017/18.00wi/Pdt.Sihaloho/SotoBetawi
Judul: Berjalan Di Dalam Iman

Ibr11:1-3,17
Ibr 11:1 "Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat." Iman itu hidup karena percaya bukan karena melihat. Rom 1:16-17 "Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil,....Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: "Orang benar akan hidup oleh iman."  Mark 11:24 "....apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu." Sebagai orang percaya, jangan kita mundur dari iman kita, Ibr 10:38 "Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya." Setulus apapun kita melakukan sesuatu, tetapi tanpa di dasari iman itu seperti kain kotor (tidak berguna). Kol 2:6-8 "Kamu telah menerima Kristus Yesus,.... hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu,...  Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong..." Ini berarti semua berdasar hanya kepada Kristus. Percaya itu bergantung sepenuhnya kepada apa yang dipercaya yaitu Yesus Kristus dengan kondisi apapun yang terjadi.


Iman yang diharapkan yaitu;
1. Iman yang dinamis, ada ketaatan dan ada tindakan, Gal 3:11 "Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: "Orang yang benar akan hidup oleh iman." Sebab tidak ada manusia yang dapat melakukan Hukum Taurat sepenuhnya. 
2. Iman harus sehat tanpa ada allah lain. 
3. Iman harus ditindak lanjuti, ada bukti nyata yang dilakukan yaitu melalui penyerahan diri secara total kepada Tuhan. Saat kita beriman, perkara akan dipenuhi atau tidak itu hak Tuhan.

Ibr 11:17-19 "Karena iman maka Abraham, tatkala ia dicobai, mempersembahkan Ishak.... Karena ia berpikir, bahwa Allah berkuasa membangkitkan orang-orang sekalipun dari antara orang mati. Dan dari sana ia seakan-akan telah menerimanya kembali." 

Bagaimana kita berjalan dengan iman? melalui:
1# Ketaatan, butuh pengalaman yang didasari keintiman dengan Tuhan. Jangan lupa segala sesuatunya adalah karyaNya. 
2# Harus berjalan dengan kekudusan. Berdamai dengan semua orang. 
3# Membutuhkan kepekaan terhadap suara Tuhan melalui situasi yang kita alami. 
Yoh 10:4-5 "Jika semua dombanya telah dibawanya ke luar, ia berjalan di depan mereka dan domba-domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya. Tetapi orang asing pasti tidak mereka ikuti,..." 
4# Membutuhkan kesabaran dalam mengikuti Tuhan,
Ibr 10:35-36  "Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu."

amin...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya