Berdoalah Untuk Apa Yang Allah Mau

No: GMIKA/BS/290917/21.20wib/GS/Mart
Judul:  "Berdoalah Untuk Apa Yang Allah Mau"

Allah adalah kasih (ini adalah hakekat atau realitanya yang bersifat selamanya) bukan sekedar maha pengasih (bentuk kemurahan dan dapat berhenti krna hanya tindakan). Manusia memang diciptakan dgn wajah memandang untuk melihat ke atas untuk melihat penciptanya (bhs Yun = ano. Asal kata utk Antropos)  berbeda dengan wajah binatang yang diciptakan kebawah  tidak melihat Allah. Di ciptakan segambar dan serupa dengan Allah yaitu RohNya. Tujuan manusia diciptakan oleh Allah adalah untuk mengalami kebahagian dan sukacita dengan Allah. Peristiwa kejatuhan manusia dalam dosa yang membuat kematian roh  manusia mengalami maut (terpisah oleh Allah).

Melalui dosa,maka sejak saat itu manusia dikuasai beberapa hal ;
1# Manusia dibawah kekuasaan dosa
2# Manusia dibawah kekuasaan iblis
3# Manusia dibawah kekuasaan dunia
4# Manusia dibawah kekuasaan kematian

Ke-4 hal inilah yang digumulkan manusia sejak dari jaman Eden. Tidak ada satupun manusia atau agama yang dapat menyelesaikan hal ini. Sebab itu ada wahyu khusus untuk menyelesaikan masalah ini. Itulah Keselamatan dari Anak Allah. 

2 Kor 4:16 "Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari." Lahiriah yang merosot tidak bisa diperbaharui hanya bisa diperlambat. Tubuh batiniah kita dapat rusak saat kita tidak mengenal Tuhan, tetapi dapat dibaharui saat kita mengenal Tuhan. Dari dasar ini, karena kemanusian kita ada dua jenis.  Maka ada 4 hal yang bisa dilawan adalah semua dalam batiniah.

2 Korintus 4:17-18 "Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya....karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal." Hal yang membuat Paulus yakin untuk membawa kita kepada Allah adalah melalui penderitaan ringan. Penderitaan ringan adalah bentuk penyangkalan diri sendiri, yaitu membunuh keinginan diri sendiri. Gereja ada untuk saling menguatkan sebagai tubuh Kristus. Seperti dalam perjamuan kudus untuk mengingat akan penderitaan Yesus.

1 Kor 11:25  "Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku;... " Cawan ini adalah perjanjian baru. Jadi siapa yang masuk perjanjian baru adalah mereka yang minun dari cawan ini. Dalam Perjamuan Kudus terjadi bjs Yun*anamnesis* yaitu, menghadirkan kembali peristiwa penyaliban Tuhan. Jadi waktu perjamuan kudus, kita mengalami komitmen yang baru. Perjamuan adalah tujuan ibadah kristen. Mat 16:19 "Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga." Ayat ini tidak bicara tentang berkat memberkati. Ayat ini bicara tentang hak mutlak gereja untuk mengampuni dosa. Mat 18:15-17 "Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata..... Dan jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat, pandanglah dia sebagai seorang yang tidak mengenal Allah atau seorang pemungut cukai." Ini adalah perintah Tuhan Yesus kepada petrus dan murid2Nya. Ini menandakan gereja mempunyai kekuatan "apa yang kau ikat dibumi...."  Sebab gereja adalah lembaga yang Tuhan bentuk sendiri. Kis 6:6  "Mereka itu dihadapkan kepada rasul-rasul, lalu rasul-rasul itu pun berdoa dan meletakkan tangan di atas mereka." Kis 14:23 "Di tiap-tiap jemaat rasul-rasul itu menetapkan penatua-penatua bagi jemaat itu dan setelah berdoa dan berpuasa, mereka menyerahkan penatua-penatua itu kepada Tuhan, yang adalah sumber kepercayaan mereka." Dalam hidupnya Daud berdoa  tujuh kali dalam sehari. Maz 119:164 "ujuh kali dalam sehari aku memuji-muji Engkau, karena hukum-hukum-Mu yang adil."


Seven times a day do I praise you because of your righteous judgments. Gereja mula-mula telah melakukannya. Waktunya adalah sebagai berikut; 
1# Pagi, Orang kristen harus berdoa pagi (subuh) sebab Yesus bangkit dan datang sebagai terang. 
2# 9 Pagi, Kis 2:15 "Orang-orang ini tidak mabuk seperti yang kamu sangka, karena hari baru pukul sembilan," Seperti hari Pentakosta, Roh Kudus sedang turun.
3# 12 siang, adalah saat Yesus disalib. Kis 10:9-10 "Keesokan harinya ketika ketiga orang itu berada dalam perjalanan dan sudah dekat kota Yope, kira-kira pukul dua belas tengah hari, naiklah Petrus ke atas rumah untuk berdoa..... tiba-tiba rohnya diliputi kuasa ilahi." Di jam 12 siang pulalah Yesus dibawa ke Golgota. 
4# 3 siang, Kis 3:1 "Pada suatu hari menjelang waktu sembahyang, yaitu pukul tiga petang, naiklah Petrus dan Yohanes ke Bait Allah." Di jam 3 pula, Yesus menyerahkan nyawaNya.
5# 6 sore, saat Yesus dikuburkan
6# 9 malam, saat murid2 mengikuti Yesus menju jalan kematian
7# 12 malam, kita berdoa berjaga-jaga Tuhan datang. 
Kis 16:25 "Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka."

Amin...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya