Allah Tritunggal

No: GMIKA/BS/220917/21.20wib/GS/Pizza
Judul: Allah Tritunggal

Hal paling sulit dalam dunia ini adalah membaca alkitab. Bukan sekedar membaca, tetapi memahami dan melakukannya. Inti pengajaran agama Yahudi sederhananya adalah berawal dari Allah itu Esa (Ul 6:4  "Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!"). Tuhan itu esa, dan semua agama di dunia seharusnya berangkat dari mengutamakan keesaan Allah. Agama di dunia berusaha untuk melihat Allah tetapi mereka selalu gagal. Dan  Mereka bertanya aku darimana, untuk apa dan mau kemana?  Semua ini dicoba utk dijawab agama. KeEsaan Allah bukan hanya ajaran Musa tapi seluruh kitab Perj Baru juga ajarkan. Yoh 5:44  "Bagaimanakah kamu dapat percaya, kamu yang menerima hormat seorang dari yang lain dan yang tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa?" Dalam PL dan PB sama ajarannya tentang Allah itu esa.

Mark 12:29 "Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa." Agama yang tidak mengajarkan Allah itu esa maka ajarannya kacau. Yoh 17:3 "Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus."  Kalau kita mengenal Allah yang esa, maka kita akan selamat karena kita mengenal AnakNya yang Allah utus.

Rom 3:30-31"Artinya, kalau ada satu Allah, yang akan membenarkan ...... Jika demikian, adakah kami membatalkan hukum Taurat karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya." Gal 3:20 "Seorang pengantara bukan hanya mewakili satu orang saja, sedangkan Allah adalah satu." Yak 2:19 "Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setan pun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar." Jadi saat kita hanya mampu berkutat di Allah yang satu, maka level kita hanya setara setan setan. Jadi syarat Allah adalah DIA harus Tritunggal. Satu itu bukan angka, karena Allah adalah esa. 

2 Sam 7:22 "Sebab itu Engkau besar, ya Tuhan ALLAH, sebab tidak ada yang sama seperti Engkau dan tidak ada Allah selain Engkau menurut segala yang kami tangkap dengan telinga kami." Kata Bapa bagi seseorang bukan sekedar karena memiliki anak. Bapa itu bicara bahwa ia adalah sumber otoritas, rejeki, visi misi, kasih ,perlundungan, pemelihara dan apabila ia juga menurunkan anak (dari dalam kandungannya yang dikeluarkan). 

Yoh 1:18  "Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya. Pangkuan itu berbicara tentang kedekatan karena Ia berada dekat dengan jantung hati Bapa, seperti Yesus  yang dikeluarkan Bapa dan berada di pangkuan Bapa. Yoh 1:1" Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah." Firman adalah perkataan Allah, yang berfungsi untuk mencipta, tanpa firman tidak ada ciptaan. Firman itu mencipta.  Bap a bersama Firman bisa berkomunikasi karena masing msing memiliki hidupNya sendiri.

Yoh 5:26  "Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri." Yoh 8:42-43 ".....Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku. Apakah sebabnya kamu tidak mengerti bahasa-Ku? Sebab kamu tidak dapat menangkap firman-Ku." Roh Kudus pun demikin pula  Rom 8:1 Roh adalah Nafas AllahFungsi Roh Kudus seperti di tulis di Rom 5:5 "Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita." Ciptaan dikasihi oleh Allah dan dilakukan oleh Roh Kudus dengan memelihara ciptaan dan memberi hidup, Rom 8:1-2 "Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut." AllahTritunggal adalah Allah kita yang Maha Kasih karena ketiganya Esa dan Ajaib.   Allah  bukan sekedar pengasih.

Sembahlah DIA Bapa,Putera dan Roh Kudus
Amin...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya