"Yesus Harus Mati"

No: GMIKA/IJA/140417/09.00wib/GS
Judul:  "Yesus Harus Mati" 

Yoh 5:19-20
Ayat 19: "..... Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Anak tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri, jikalau tidak Ia melihat Bapa mengerjakannya; sebab apa yang dikerjakan Bapa, itu juga yang dikerjakan Anak.". Tuhan Yesus *tidak dapat melakukan apapun juga sebelum Ia melihat Bapa*. Jadi kematian Yesus adalah pekerjaan Bapa, sebab ini kehendak Bapa.


Ada 2 hal yang membuat Bapa menghendaki kematian Yesus,

PERTAMA  di ayat 20:
1# "..... Ia menunjukkan kepada-Nya segala sesuatu yang dikerjakan-Nya sendiri,..." Yesus memang harus mati *sebelum* manusia berdosa.  (Karena DIA adalah juga manusia).
Manusia diciptakan terbatas, berbeda dengan Pencipta sedari awal, dan  memang manusia memang akan mati. Yesus harus menjadi pewaris bagi Bapa. Dunia diciptakan karena kasih, dimana manusia waktu itu belum berdosa. Dalam Ibrani 1:2-3 "...... Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi," 

2# "..... bahkan Ia akan menunjukkan kepada-Nya pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar lagi dari pada pekerjaan-pekerjaan itu, sehingga kamu menjadi heran."    
KEDUA : Yesus harus mati *setelah* manusia berdosa. Ini adalah akibat  buah pengetahuan yang baik dan yang jahat yang dimakan manusia (Adam dan Hawa) yang telah membuat Yesus harus menderita kematiannya. Inilah  bukti manusia berdosa, dan  tidak ada manusia yang sanggup melakukan Hukum Taurat. Jumat Agung dan Paskah adalah pekerjaan-pekerjaan yg telah membuat kita heran, seperti yang dimaksudkan. Seperti Via Dolorasa yang memiliki arti disakiti,menderita dan disiksa mengalami kepahitan dan disalib. Jadi mengapa Yesus memang harus mati, tetapi menjadi harus menderita sengsara....?
Jawabnya : karena manusia berdosa.

Ucapan syukur kita pada saat ini bukan hanya berdasarkan hal pertama,kita menjadi manusia sama seperti Yesus Anak Manusia, tetapi hal kedua sebab karena manusia telah memiliki dosa yang mengerikan. Tapi Bapa memutuskan  Kita adalah orang yang harus dikasihani.Maka Kematian Yesus juga menakutkan iblis. KematianNya itu menebus dan harus ada darah, sebagai tanda penyucian dosa manusia (Dosa Manusia adalah Hutang Darah Nyawa).

Haleluya Yesus TUHAN kita Ajaib...KasihNya dan RencanaNya...

Selamat Hari Jum'at Agung...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya