No: GMIKA/BS/170217/21.26wib/GS/MiGrg
Judul: "Penghakiman Setelah Kesusahan Besar"

Matius 25:31-46 "Penghakiman Terakhir"
Dalam bible studi sebelumnya kita belajar tentang :
1# Mat 25: 1-13 ; pihak pertama mempelai, pihak kedua para gadis (yang aktif mencari)  dan terjadi sebelum penghakiman.
2# Mat 25: 14-30 ; pihak pertama tuan, pihak kedua para hamba (yang aktif mengerjakan) dan juga terjadi sebelum penghakiman. Namun,
3# Mat 25: -13 ; pihak pertama Anak Manusia (yang aktif) karena Yesus akan mengumpulkan bangsa-bangsa agar mereka mengetahui kemulianNya, pihak kedua bangsa-bangsa dan kali ini terjadi setelah penghakiman.


Kita semua adalah agen kemuliaan Tuhan. Kemuliaan Tuhan ada 4:
1# Kemuliaan tentang KeAllahan Kristus,
Yoh 17: 22-24, ayat 22: "Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku,..."
2# Kemuliaan sebagai Manusia, Maz 45:3-6, ayat 3: "Engkau yang terelok di antara anak-anak manusia,..." 
3# Kemuliaan Kebangkitan, adalah saat Roh datang.  Kebangkitan Yesus adalah untuk membawa Tritunggal ke muka bumi. Yoh 7:39 "...sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan."
4# Kemuliaan KenaikanNya, Ibr 2:9 "Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat,..... supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia."


Ada 3 golongan di dunia ini:
1# Orang Yahudi, yang dihakimi oleh Hukum Taurat
2# Orang beriman/percaya, yang dihakimi oleh Injil Kristus
3# Orang Kafir


Untuk golongan orang beriman/percaya, Allah akan memisahkan kembali seperti dalam Mat 25:33 "dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya.". Kanan menggambarkan tentang Kehormatan,  
1 Raj 2:19 "Batsyeba masuk menghadap raja Salomo.... lalu perempuan itu duduk di sebelah kanannya.". Maz 45:10 "...di sebelah kananmu berdiri permaisuri berpakaian emas dari Ofir.". Mereka yang ditempatkan dikanan Allah, hanya mereka yang memiliki hubungan, dan juga mereka yang terlibat dalam kesusahan besar.


Kita telah belajar, bahwa Injil (Kabar baik tentang Yesus) adalah harta Allah, ada beberapa macam;
1# Injil Kristus, menekankan agar orang-orang percaya kepada Yesus, djadi ukuran keselamatan karena percaya.
2# Injil Kasih Karunia, tentang orang harus bertobat, KPR 20:24 "Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikit pun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir.... untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah." 
3# Injil Kekekalan,  Wah 14:6 "... dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi...".  Injil kekekalan adalah untuk orang-orang yang menderita pada masa 3,5thn, sebab itu mereka dapat tempat disebelah kanan Allah. Targetnya adalah membawa domba-domba disebelah kanan Yesus. Ukuran keselamatan Injil kekekalan juga dipengaruhi oleh sikap kita  terhadap sesama orang percaya. 1 Tes 2:7-12, ayat 7: "Tetapi kami berlaku ramah di antara kamu, sama seperti seorang ibu mengasuh dan merawati anaknya". Ayat 11 :Kamu tahu, betapa kami, seperti bapa terhadap anak-anaknya, telah menasihati kamu dan menguatkan hatimu seorang demi seorang,"


Jangan ragu melakukan bagian kita ditengah gereja. Jangan minta harga di depan Tuhan. Semakin zaman akhir ini Injil yang dipelajari akan lebih dinamis, sebab Injil itu sangat dalam, dimensional juga karena Allah kita adalah alfa dan omega.

God Bless You...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya