Roh Kudus Bertindak Bukan Karena KIta !

Resume Bible Study 15 Juli 2016
GMIKA/BS/150716/21.00wib/GS/PisCok

Yehezkiel 36: 26-32
Ayat 26 "Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu.."
Roh Kudus tidak pernah bekerja dengan akal pikiran, emosi dan tekad. Roh Kudus adalah Roh Allah, karena itu Ia tidak pernah menginjakkan diriNya di bumi ini, karena bumi ini sudah berdosa. Roh Kudus hanya menginjakkan kakiNya di roh yang baru/kudus, yaitu roh orang percaya . Roh Kudus memiliki sifat bekerjanya dari dalam keluar berbeda dengan iblis /roh yang lama selalu dari luar manusia kedalam hatinya dan cendrung selalu menuntut.

Bentuk kekeristenan yg benar salah satunya adalah menerima keadaan diri kita.
Roh dan hati yang baru bukanlah buatan dunia. Setelah Allah memberikan roh yang baru, roh yang lama masih tetap ada dalam hidup kita. Roh yang lama adalah roh Adam yaitu kemanusiaan kita yang buruk (meliputi budaya dan kebiasaan kita). Roh yang lama selalu reaktif, bertindak dan berlari di depan roh yang baru, Saat dalam hidup kita sudah ada roh yang baru, Allah sudah tidak mengenali roh yang lama itu.      Ciri utama roh yang lama adalah tidak adanya Firman dan hanya ada selalu keinginan daging.
Saat kita memiliki roh yang baru, maka Allah akan menjamin hidup kita,
 seperti di ayat;
1#Yeh 36:28 "Dan kamu akan diam di dalam negeri yang telah Kuberikan kepada nenek moyangmu..."
2#Yeh 36:29 "Aku akan melepaskan kamu dari segala dosa kenajisanmu..."
3# Yeh 36:30 "Aku juga memperbanyak buah pohon-pohonanmu dan hasil ladangmu,..."

Allah hanya berkenan bertindak dan menyampaikan kehendakNya pada kedalaman. Jiwa kita ini berada dalam materi, sedangkan kebenaran Allah ada didalam tentang spirit, maka sulit diterimanya.

2 Timotius 3:1-2
Ayat 1 "Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar."
Gereja Tuhan selalu dipakai Allah untuk mengamankan dan membimbing hidup kita, bukan sebaliknya. Jangan pernah membangun diri kita karena melihat dari orang lain. Kita di "takuti" dunia ini bukan karena pikiran kita, dan milik kita tetapi oleh pikiran Allah yg kita terima. Bukti kita memiliki pikiran Allah adalah kita tidak melawan saat dunia menolak kita,bahkan akan terus mengasihinya.
Urapan itu berbicara tentang didiami oleh Allah sehingga outputnya adalah hal-hal rohani. Urapan adalah sebuah peristiwa tidak memerlukan minyak, tetapi minyak selalu berbicara tentang pengurapan oleh Roh yang diawali pengampunan dosa.

Yeh 36:32
"Bukan karena kamu Aku bertindak, demikianlah firman Tuhan ALLAH, ketahuilah itu...."
Jangan pernah menganggap Roh kudus bertindak karena kita. Kita tidak bisa mengatur Roh Kudus, sebab Roh Kudus bukan prediksi. Allah juga tidak akan berkomunikasi dengan kita jika tidak ada Roh Anak dalam kita..

AMIN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya