ROH Itu Mengetahui, tapi PIKIRAN Hanya Bisa Mengerti

Matius 13:24-30
ROH Itu Mengetahui, tapi PIKIRAN Hanya Bisa Mengerti
No: GMIKA/BS/190816/21.30wib/GS/MieGoreng



Matius 13:24-30 (Perumpaan tentang lalang di antara gandum)
Ada 2 jenis tumbuhan yang dibiarkan tumbuh di ladang Tuhan yaitu: gandum dan lalang. Di perikop ini Tuan pemilik ladang adalah Tuhan Yesus sendiri dan hamba-hambanya adalah malaikat.
*Kita tak mampu melihatnya*.
Waspadalah, masing-masing kita memiliki penjaga, tetapi siapakah yang mau mendengar? (karena hari ini sangkakala sedang ditiup).  *Sebab kemuridan selalu diakhiri mengerucut/semakin kecil jumlahnya*.

Pengkotbah 7:10
"Janganlah mengatakan: "Mengapa zaman dulu lebih baik dari pada zaman sekarang?" Karena bukannya berdasarkan hikmat engkau mengatakan hal itu.
*Segala sesuatu yang berorientasi masa lalu lebih baik adalah pikiran dunia bukan hikmat Allah*.

Berbahagialah orang yang setia dalam komunitas, itu akan membuat kita tahan uji dalam roh. Hasilnya kita dapat membedakan mana lalang  dan bisa menghindarinya dalam hidup kita, sebab kita tidak dapat mencabutnya karena iblis lah yang telah menaburnya.

Markus 2:6 - 8 
Ayat 6: " Tetapi di situ ada juga duduk beberapa ahli Taurat,... "
Disini ahli taurat tidak berkata dari Roh Kudus dan tidak percaya Yesus.
Ayat 8 "Tetapi Yesus segera mengetahui (ROH) dalam hati-Nya, bahwa mereka berpikir demikian,...." 
*Dalam hidup kita, Roh Kudus dapat mengetahui, sesuatu itu bukan dari Tuhan atau tidak*, tetapi pikiran kita tidak cepat mengerti dan selalu mengerti waktu belakangan. Butuh dengan jiwa yang tenang. Sedangkan jiwa yang tenang merupakan anugrah.

Kita tahu dalam roh kita ,bahwa kita sudah diselamatkan, tetapi mengerti bagaimana keselamatan itu terjadi pada kita, itu perlu belajar, sebab itu jangan pernah mengandalkan kemampuan kita. *Allah tidak pernah mampu (menerima) melihat sesuatu yang kita kerjakan dengan kekuatan kita sendiri*, sekalipun itu perkara rohani ,karena bisa jadi itu lalang dalam hidup kita.

Kita perlu berproses dalam kumpulan jemaat orang percaya, supaya dapat dibedakan dari ilalang jahat,
Jangan katakan aku bisa sendiri ketemu TUHAN, tidak perlu orang lain.

Nama Yesus berasal dari bahasa latin yaitu Ye hosua / hasua ha massiach, Ye berarti juruselamat / keselamatan dari Anak Yang Maha Tinggi atau keselamatan hanya milik  Yesus saja.
Muzijat bukan bicara segala sesuatu yang spektakuler, tetapi perubahan terkecil dalam hidupmu karena Firman Tuhan. Muzijat itu waktu kita mampu mengampuni orang dan kita juga mengerti apa yang Roh Kudus katakan.
Jangan merasa bisa, tetapi bisalah merasa. Merasa bagaimana kita mengerti dekat dengan Tuhan.

Selamat bertumbuh...

AMIN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya