Miskin Dalan Roh

No: GMIKA/BS/180119/21.00wib/GS/Risoles
Judul: Miskin Dalam Roh
(Matius 5:3)

Efesus 2:1-2 
"Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu. Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka."...Kamu dahulu sudah mati.." artinya sekarang kita telah hidup. Kita dulu mati karena pelanggaran dan dosa-dosa, dan mengikuti jalan dunia ini. Kita menaati penguasa kerajaan angkasa yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka. Kerajaan angkasa ada didalam dunia ini (seluruh dunia), karena mereka telah mengambil alih dunia ini. Iblis melakukan perampasan tidak sah secara legalitas dari manusia. Tuhan tahu iblis melakukannya, dan Tuhan ingin pulihkan ketangan manusia. Allah menciptakan bumi dan isinya, diberikan perinyahNya hanya untuk manusia, bukan kepada Iblis. 

Matius 4:8-9 
"Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, dan berkata kepada-Nya: "Semua itu (akan kuberikan ) kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku." Kejadian 1:26  "Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa... segala binatang melata yang merayap di bumi...." Iblis merampasnya dari manusia.


Matius 5:1-2 
"Ketika Yesus melihat orang banyak itu, naiklah Ia ke atas bukit dan setelah Ia duduk, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. Maka Yesus pun mulai berbicara dan mengajar mereka, kata-Nya: Kenapa tidak menggunakan media pribadi lai. /alat lagi? Karena Yesus adalah Firman itu sendiri, sebab itu Yesus selalu berkata "Sesungguhnya Aku berkata kepadamu..." Dalam bahasa Yunani kata Bahagia diterjemahkan ma·kaʹri+os artinya telah menemukan kembali tempat yg membuat manusia lega. Matius 5:3  "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah (poor in spirit), karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga." Disini orang berbahagia telah menemukan sandarannya,tempatnya semula. Saat manusia jatuh dalam dosa, maka kita kehilangan pola ilahi dalam dirinya. Allah hadir dalam hidup kita, agar kita satu pola dengan Dia. Disaat kita kehilangan pola ilahi, kita semakin sulit untuk melakukan disiplin rohani (ibadah, berdoa,menyembah, tekun dalam Firman). Gereja yang benar harus penuh dgn pola ilahi ini. 

"....empunya Kerajaan Sorga" orang itu mampu memiliki sebagai ahli warisnya dan pemilik yang seharusnya...

1 Timotius 6:8-9
Ayat 8 Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah. 
Ayat 9 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.

Ada 4 akibat saat kita mencintai dunia ini (ingin kaya)
1. terjatuh ke dalam pencobaan, 
2. terjerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, 
3. tenggalam dalam keruntuhan
4. Dan binasa.

Lukas 17:20-21 
"Atas pertanyaan orang-orang Farisi, apabila Kerajaan Allah akan datang, Yesus menjawab, kata-Nya: "Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah, juga orang tidak dapat mengatakan: Lihat, ia ada di sini orang dan Allah ada di antara kamu." 
1 Korintus 2:8  
"Tidak ada dari penguasa dunia ini yang mengenalnya, sebab kalau sekiranya mereka mengenalnya, mereka tidak menyalibkan Tuhan yang mulia." Kerajaan Allah tidak dapat dilihat, tetapi ada didunia ini. (Tinggal dalam orang orang percaya) Sama sprti Iblis pun tidak mengenal Yesus yang sebenarnya. Iblis hanya tahu apabila saat kita menyatakannya, lewat kehendak.

Keraajan angkasa, tidak penuh sepenuh-penuhnya menguasai ,tapi masih ada ruang bagi kita utk taklukan jika kita miskin dalam roh sehingga kita tak ingin yg lain,kecuali Allah sendiri.

Amin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya