Ajaran Para Rasul

No: GMIKA/BS/020318/21.00wib/GS/MieGoreng
Judul:  Ajaran Para Rasul

Bagaimana gereja bisa mempertahankan ajaran para rasul?  Yaitu melalui Roh kudus yang akan membantu kita menuju kepada kebenaran. Hal yang perlu diwaspadai saat ini adalah bagaimana kita mengenal Tritunggal. Pimpinan RK dalam hidup kita adalah bukti Allah adalah Tritunggal. Tritunggal tidak berawal dan tidak berakhir. Kapan kah menjadi Bapa, Anak dan Roh? Pada Saat menyatakan diriNya sebagai Bapa, ketika memgutus Anak dan Roh diutus setelah Anak dimuliakan.


                                          Anak datang karena kehendak Bapa. 

Yoh 8:42  Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah...." Yesus memanggil Bapa di mulai saat keluar dari Bapa. Yesus disebut Anak, saat Yesus keluar dari Bapa. Yoh 8:42 ".... Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku." Sebelum dunia ada, pekerjaan Bapa, Anak dan Roh adalah saling mengasihi. Lingkaran Kasih yg tak pernah habis.  

Yoh 17:24  "... agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan." Tuhan Yesus ingin setiap kita melihat kemuliaan sebelum semua ada yang Bapa nyatakan padaNya. Yoh 5:26 "Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri." Ayat ini seolah-olah ada dua hidup, sebenarnya satu jadi dapat saling mengasihi. Setiap perkataan Bapa memiliki kehidupan. Mengapa Firman Allah disebut Anak Allah, yaitu karena Firman keluar dari Bapa, Yoh 14:31  "Tetapi supaya dunia tahu, bahwa Aku mengasihi Bapa dan bahwa Aku melakukan segala sesuatu seperti yang diperintahkan Bapa kepada-Ku,...."

Rom 8:1-2 "... Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut." Roh yang memberi hidup, karena memiliki hidup. Yesus mati tersalib untuk membuktikan Iblis bersalah. Allah adalah Allah yang hidup, karena memiliki Firman yang hidup.  1Kor2:10-11 "Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh,.... Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah." Tuhan adalah Roh, dan kita sedang diarahkan untuk serupa dengan Dia, seperti dalam 2 Kor 3:18  "... Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar."

Kis16:7 "Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka." Saat itu Yesus sudah bangkit dan naik ke sorga. RK disebut juga sebagai Roh Yesus. RK juga disebut Roh Bapa, Mat 10:20 "Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu;...".  RK disebut juga Roh Kristus (Kristus artinya yang diurapi), Roma 8:9-11 "... Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus..."

Galatia 4:6  Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: "ya Abba, ya Bapa!" 
Dalam diri kita 

Yudas 1:9,14
Ay 9 Tetapi penghulu malaikat, Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa, tidak berani menghakimi Iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: "Kiranya Tuhan menghardik engkau!" 14 Juga tentang mereka Henokh, keturunan ketujuh dari Adam, telah bernubuat, katanya: "Sesungguhnya Tuhan datang dengan beribu-ribu orang kudus-Nya,

2 Tesalonika 2:15  Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis. Ajaran paulus ada dua jenis, tertulis: surat-surat paulus dan lisan: kebiasaan2 hidup..
2 Yohanes 1:12  Sungguhpun banyak yang harus kutulis kepadamu, aku tidak mau melakukannya dengan kertas dan tinta, tetapi aku berharap datang sendiri kepadamu dan berbicara berhadapan muka dengan kamu, supaya sempurnalah sukacita kita. 
Kami : paulus dan para rasul
Kamu : jemaat
Yakobus 2:24  Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman. Iman harus dibuktikan dari perbuatan kita. 

3 Yohanes 1:13-14
Ay.13 Banyak hal yang harus kutuliskan kepadamu, tetapi aku tidak mau menulis kepadamu dengan tinta dan pena...
Ay.14 Aku harap segera berjumpa dengan engkau dan berbicara berhadapan muka. (1-15) Damai sejahtera menyertai engkau! Salam dari sahabat - sahabatmu. Sampaikanlah salamku kepada sahabat-sahabat satu per satu.

Filipi 2:12  Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir.

Agama menciptakan tuhan bagi dirinya sendiri, 
kekristenan ada untuk membawa kita kepada Tuhan.

AMIN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sifat dalam Hukum Taurat : Berkat, Hidup, Kematian dan Kutuk

Ciptaan Yang Terlihat dan Tak Terlihat

Roh Kudus dan KaryaNya